Inilah 15 orang terkaya Indonesia, berapa harta kekayaannya?

Jumat, 11 Desember 2020 | 11:45 WIB   Reporter: kompas.com
Inilah 15 orang terkaya Indonesia, berapa harta kekayaannya?


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Indonesia resmi masuk ke jurang resesi akibat pandemi corona. Jumlah harta kekayaan orang terkaya di Indonesia pun berkurang karena pandemi.

Menurut majalah Forbes, Kamis (10/12/2020), Pandemi pun membuat setengah dari 50 orang terkaya di Indonesia mengalami penurunan harta kekayaan dibanding tahun lalu. Terlepas dari itu, kekayaan kolektif pengusaha super kaya RI hanya turun 1,2 persen menjadi 133 miliar dollar AS.

Nilainya setara dengan Rp 1.875 triliun (kurs Rp 14.100 per dollar AS). Lantas, siapa saja mereka? Dalam Daftar 50 Orang Terkaya Indonesia 2020 yang dilansir Forbes, orang terkaya nomor satu di Indonesia tahun ini masih diduduki oleh konglomerat Djarum Group, yakni R. Budi Hartono dan Michael Hartono atau dikenal juga dengan duo Hartono.

Pada tahun ini, harga kekayaan orang terkaya Indonesia ini berada di angka 38,8 miliar dollar AS atau sekitar Rp 547, 08 triliun. Posisi pertama sebagai orang terkaya RI telah mereka pegang selama belasan tahun, belum ada yang bisa mengalahkannya. Namun, mereka termasuk jajaran orang yang mengalami sedikit peningkatan kekayaan selama pandemi Covid-19.

Baca juga: Brosur promo Tupperware Desember 2020, produk piring dan mangkok harga murah

Posisi kedua ditempati oleh keluarga Widjaja, konglomerat perusahaan Sinar Mas dengan total kekayaan sebesar 11,9 miliar dollar AS (Rp 167.9 triliun). Posisi ketiga ditempati oleh Prajogo Pangestu, seorang konglomerat petrokimia.

Projogo menempati posisi ketiga lantaran melemahnya pasar petrokomia akibat pandemi Covid-19. Hal itu berdampak pada kekayaannya yang turun 21 persen menjadi 6 miliar dollar AS.

Berikut ini simak daftar orang-orang terkaya RI di bawah ini.

1. R. Budi & Michael Hartono

R. Budi & Michael Hartono adalah orang terkaya Indonesia dengan nilai harta kekayaan Rp 547,08 triliun. Sumber kekayaan terutama berasal dari pemilikan saham di Bank BCA.

2. Keluarga Widjaja

Keluarga Widjaja adalah orang terkaya nomor 2 di Indonesia dengan nilai harta kekayaan Rp 167.79 triliun. Sumber kekayaan terutama berasal dari perusahaan Sinarmas Group.

3. Prajogo Pangestu

Prajogo Pangestu adalah orang terkaya nomor 3 di Indonesia dengan nilai harta kekayaan Rp 84,6 triliun. Sumber kekayaan berasal dari perusahaan Barito Pasific dan Chandra Asri.

4. Anthoni Salim

Anthoni Salim adalah orang terkaya Indonesia nomor 4 dengan nilai harta kekayaan Rp 83,19 triliun. Sumber kekayaan berasal dari perusahaan Salim Group seperti Indofood, Indomaret dll.

5. Sri Prakash Lohia

Sri Prakash Lohia adalah orang terkaya indonesia kelima dengan nilai harta kekayaan Rp 78,96 triliun. Sumber kekayaan berasal dari perusahaan Indorama.

6. Susilo Wonowidjojo

Susilo Wonowidjojo adalah orang terkaya Indonesia keenam dengan nilai harta kekayaan Rp 74,73 triliun. Sumber kekayaan berasal dari bisnis perusahaan Gudang Garam.

7. Jogi Hendra Atmadja

Jogi Hendra Atmadja adalah orang terkaya Indonesia ketujuh dengan nilai harta kekayaan Rp 60,63 triliun. Sumber kekayaan berasal dari perusahaan Mayora Group.

8. Boenjamin Setiawan

Boenjamin Setiawan adalah orang terkaya Indonesia kedelapan dengan nilai harta kekayaan Rp 57,81 triliun. Sumber kekayaan berasal dari perusahaan Kalbe Farma.

9. Chairul Tanjung

Chairul Tanjung adalah orang terkaya Indonesia kesembilan dengan nilai harta kekayaan Rp 54,99 triliun. Sumber kekayaan berasal dari perusahaan CT Corp seperti Trans TV, Trans Ritel dll.

10. Dato Sri Tahir

Dato Sri Tahir adalah orang terkaya Indonesia ke-10 dengan nilai harta kekayaan Rp 46,53 triliun. Sumber kekayaan berasal dari grup bisnis Mayapada.

11. Bachtiar Karim

Bachtiar Karim adalah orang terkaya Indonesia ke-11 dengan nilai harta kekayaan Rp 43,71 triliun. Sumber kekayaan berasal dari perusahaan Musiman Mas Group di bidang minyak kelapa sawit.

12. Martua Sitorus

Martua Sitorus adalah orang terkaya Indonesia ke-12 dengan nilai harta kekayaan Rp 28,2 triliun. Sumber kekayaan berasal dari bisnis perusahaan Wilmar Internasional, produsen kelapa sawit, gula dll.

13. Putera Sampoerna

Putera Sampoerna adalah orang terkaya Indonesia ke-13 dengan nilai harta kekayaan Rp 20,3 triliun. Sumber kekayaan berasal dari perusahaan Sampoerna Group di bidang kelapa sawit, properti, kayu dll.

14. Kuncoro Wibowo

Kuncoro Wibowo adalah orang terkaya Indonesia ke-14 dengan nilai harta kekayaan Rp 24,68 triliun. Sumber kekayaan berasal dari jaringan bisnis Kawan Lama Group seperti ACE Hardware dll.

15. Garibaldi Thohir

Garibaldi Thohir adalah orang terkaya Indonesia ke-15 dengan nilai harta kekayaan Rp 23,27 triliun. Sumber kekayaan berasal dari perusahaan Adaro Energy.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Daftar 15 Orang Terkaya Indonesia 2020, Siapa Saja?",


Penulis : Fika Nurul Ulya
Editor : Erlangga Djumena

Selanjutnya: Diplomasi vaksin corona, cara China menundukkan negara lain

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru