kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini strategi IFG Life mengarungi persaingan di bisnis asuransi jiwa


Jumat, 23 Juli 2021 / 10:15 WIB
Ini strategi IFG Life mengarungi persaingan di bisnis asuransi jiwa

Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Asuransi Jiwa IFG atau IFG Life merupakan pendatang baru di pasar asuransi nasional. Sebagai bagian dari Indonesia Financial Group (IFG), IFG Life menghadirkan model bisnis asuransi dengan produk yang berorientasi pada proteksi dan produk investasi berisiko rendah.

Direktur Utama IFG Life Andy Samuel bilang kalau fokus bisnis IFG Life akan menyasar pada produk-produk asuransi yang mampu menjawab kebutuhan pasar. Maka dari itu, IFG Life menghadirkan produk asuransi yang berorientasi pada proteksi yang merupakan marwah dari industri asuransi jiwa.

“Bagi bisnis IFG Life, produk asuransi proteksi dan produk investasi berisiko rendah masih sangat relevan dengan kebutuhan pasar karena mampu memberikan perlindungan terhadap risiko-risiko yang dipertanggungkan,” ujar Andy, Kamis (22/7).

Baca Juga: Bisnis asuransi kendaraan bermotor masih tersendat

Dalam menjalankan bisnisnya, IFG Lif akan mengembangkan produk dan layanan asuransi proteksi dengan dilandasi oleh tata kelola yang baik, manajemen risiko yang kuat dan penuh kehati-hatian. IFG Life juga akan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi untuk memperluas akses layanan sehingga layanan proteksi bisa diberikan secara maksimal kepada pemegang polis.

Ada tiga pilar bisnis yang disiapkan oleh IFG Life, antara lain pengelolaan portofolio pengalihan polis PT Asuransi Jiwasraya (Persero) yang telah direstrukturisasi. Lalu, pengembangan bisnis baru yang berbasis jiwa dan kesehatan dengan optimalisasi captive market, saluran distribusi penjualan dan memanfaatkan ekosistem holding dan BUMN serta pengembangan anorganik asuransi kesehatan. Terakhir, pengembangan pengelolaan dana pensiun melalui Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK).

“Kami yakin bahwa IFG Life mempunyai model bisnis yang cukup kuat karena mempunyai target pasar di BUMN yang besar, dan dengan tata kelola dan risk management yang kuat akan membantu memastikan bahwa perusahaan dikelola dengan baik, dan nantinya akan memberikan perlindungan kepada pemegang polis,” jelas Andy.

Untuk mendukung terciptanya target pasar itu, IFG Life akan mengandalkan penjualan dan pemasaran produk secara direct marketing melalui saluran distribusi agency channel dan corporate business relationship (CBR). Kedua saluran distribusi itu dijalankan oleh tim profesional yang tersertifikasi dengan mengoptimalkan perannya sebagai financial advisor dan menjadi point of contact dengan calon pemegang polis.

Baca Juga: Masih PPKM Darurat, CIMB Niaga dorong nasabah bayar tagihan pakai OCTO Mobile

Andy menambahkan dalam upaya mewujudkan perusahaan asuransi yang kuat, profitable, dan berkelanjutan, IFG Life juga akan menerapkan sejumlah standardisasi untuk menjalankan bisnis IFG Life. Pengelolaan bisnis IFG Life juga akan berorientasi pada pengembangan produk-produk dengan fitur manfaat yang realistis, sesuai dengan kebutuhan juga berkelanjutan dengan memberikan proteksi di setiap tahap-tahap kehidupan calon Pemegang Polis.

“Secara paralel, IFG Life juga akan menerapkan standardisasi yang aman pada sistem pengelolaan investasi perusahaan. Dengan begitu kami optimis IFG Life akan menjadi pemain asuransi baru dengan potensi bisnis yang besar dan sustainable, yang mampu memberikan kepercayaan kepada masyarakat," pungkas Andy.

Selanjutnya: Apakah produk tabungan di perbankan masih menjanjikan? Ini kata para pakar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

×