kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini sederet tantangan bagi Indonesia untuk jadi negara maju


Kamis, 19 November 2020 / 06:10 WIB
Ini sederet tantangan bagi Indonesia untuk jadi negara maju

Reporter: Yusuf Imam Santoso | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah mempunyai visi agar Indonesia masuk dalam jajaran negara maju di tahun 2045. Kendati demikian, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan ada sederet tantangan yang perlu dihadapi oleh Indonesia.

Sri Mulyani mengatakan ada lima syarat agar cita-cita Indonesia bisa tercapai di 2045. Pertama, infrastruktur yang memadai baik dari sisi kualitas maupun kuantitas. Sehingga dapat mendorong aktivitas ekonomi yang berkelanjutan.

Kedua, sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, punya karakter yang kuat, serta skill yang bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman. Oleh karenanya, reformasi di bidang pendidikan perlu dijunjung tinggi.

Baca Juga: Indonesia resesi, bagaimana prospek pemulihan ekonomi di tahun depan?

Ketiga, kesiapan adopsi teknologi. Prasyarat ini akan sejalan dengan misi pemerintahan saat ini yang bakal mengembangkan sistem information and communication technology (ICT). Keempat, perencanaan kewilayahan yang memadai, komprehensif, dan matang. Ini akan sejalan dengan pembangunan infrastruktur.

Kelima, ekonomi dan sektor keuangan Indonesia mesti sustainable, kredibel, maju, dan sehat. Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) harus tetap baik dijaga meski menghadapi tekanan. 

Sementara, stabilitas ekonomi makro musti tetap dijaga dengan kerangka kebijakan makro antara Kemenkeu, BI, OJK terus terjaga. Selain itu dari dari sisi politik dan hukum yang harus kuat.

“Kalau dilihat banyak pengalaman negara di dunia tidak selalu mudah dari middle income country, menjadi higher income country. Banyak negara bahkan stuck di middle, maka middle income trade luar biasa betul,” kata Menkeu dalam Webminar Nasional; Transformasi Ekonomi untuk Indonesia Maju yang Berkelanjutan, Rabu (18/11).

Di sisi lain, Menkeu mengatakan prospek Indonesia negara maju 2045 bakal ditunjang dengan bonus demografi sebanyak 309 juta penduduk di mana 52% umur produktif, 75% hidup di perkotaan, dan 80% berpenghasilan menengah.

Baca Juga: Sri Mulyani: UU Cipta Kerja jawaban diagnosa permasalahan ekonomi

Setali tiga uang, ekonomi Indonesia pun bakal menjadi negara terbesar keempat di dunia dengan income per capita mencapai US$ 23.199. Hal ini ditunjang dengan struktur perekonomian yang lebih produktif, serta sektor jasa yang maju.

“Transformasi ekonomi, kita berhadap ekonomi 2045 Indonesia jadi negara maju, forecasting beberapa lembaga bisa mencapai ke sana dengan komposisi demografi 309 juta penduduk. Namun itu sebuah proyeksi yang hanya akan menjadi proyeksi, harus ada persyaratan yang memadai,” ujar Menkeu.

Selanjutnya: Ini upaya Sri Mulyani cegah korupsi dalam pengelolaan keuangan negara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×