Ini saran Chatib Basri agar Indonesia terhindar dari taper tantrum

Sabtu, 30 Januari 2021 | 09:30 WIB   Reporter: Bidara Pink
Ini saran Chatib Basri agar Indonesia terhindar dari taper tantrum


KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Mantan Menteri Keuangan Chatib Basri menegaskan, Indonesia harus segera pulih dari pandemi Covid-19 lebih cepat dari negara-negara maju. Hal tersebut perlu dilakukan untuk menghindari risiko pengetatan moneter. 

Chatib mengatakan, saat ini Amerika Serikat (AS), Jepang, dan Eropa sudah melakukan quantitative easing (QE) selama tiga tahun. Namun, AS harus kembali melakukan pengetatan balance sheet untuk menghindari market bubble

“Nah, kalau ini terjadi, Indonesia akan mengulangi apa yang terjadi di 2013. Taper tantrum. Karena uang kembali lagi ke AS akibat normalisasi,” kata dia dalam diskusi daring, hari ini (29/1). 

Baca Juga: BI proyeksi inflasi Januari 2021 capai 0,34%

Kalau ini terjadi, maka rupiah berpotensi mengalami gonjang-ganjing. Makanya, pemerintah dan Bank Indonesia (BI) mau tidak mau juga harus melakukan pengetatan untuk menjaga stabilitas nilai tukar dan pasar keuangan. 

Tapi di sisi lain, bila bank sentral dan pemerintah melakukan pengetatan, ada risiko pemulihan ekonomi menjadi terganggu. Untuk itu, Chatib menekankan pentingnya Indonesia harus segera pulih lebih cepat dibandingkan negara maju. 

“Kalau kita berhasil menyelesaikan pandemi lebih awal, maka ada kemungkinan kita bisa keluar lebih cepat dibandingkan dengan negara-negara lain,” pungkas Chatib. 

 

Selanjutnya: Likuiditas melimpah, LPS: Ruang penurunan bunga penjaminan terbuka

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru