Ini Rahasia Warren Buffett dalam Membangun Reputasi Terkuat di Dunia Bisnis

Kamis, 08 Desember 2022 | 10:53 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Ini Rahasia Warren Buffett dalam Membangun Reputasi Terkuat di Dunia Bisnis

ILUSTRASI. Warren Buffett berhasil membangun dan mempertahankan salah satu reputasi terkuat di dunia bisnis. REUTERS/Rick Wilking


KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Warren Buffett, Pimpinan dan CEO Berkshire Hathaway, berhasil membangun dan mempertahankan salah satu reputasi terkuat di dunia bisnis.

Yang lebih mencengangkan lagi adalah sebagian besar perusahaan yang dimiliki oleh Berkshire Hathaway memiliki reputasi yang luar biasa. Warren Buffett mempertaruhkan reputasinya sendiri melalui keputusan yang dibuat oleh para manajer yang menjalankan perusahaannya.

Inilah sebabnya mengapa salah satu ukuran kesuksesan tertinggi Warren Buffett adalah reputasi. Menurutnya, ini adalah aset tak ternilai yang harus dijaga setiap hari. 

Melansir Inc.com, untuk memperkuat poin ini, pertimbangkan dua kutipan terkenal yang dikaitkan dengan Warren Buffett sebagai berikut:

"Dibutuhkan 20 tahun untuk membangun reputasi dan lima menit untuk menghancurkannya. Jika Anda memikirkannya, Anda akan melakukan hal yang berbeda."

Dan ini:

"Kehilangan uang untuk firma, dan saya akan mengerti. Kehilangan sedikit pun reputasi firma, dan saya akan kejam."

Baca Juga: Warren Buffett: Mereka baca Playboy, saya baca laporan keuangan

Landasan untuk reputasi yang kuat

Lantas, apa inti dari mempertahankan reputasi yang baik? Jawabannya adalah tidak mempertaruhkan integritas Anda. 

Pernyataan dari Warren Buffett ini adalah tentang memastikan bahwa Anda tetap setia pada diri sendiri, nilai-nilai Anda, bahkan ketika menghadapi situasi yang menantang dan penuh tekanan. 

Bisnis penuh dengan keputusan sulit, jadi sangat penting untuk menjalankan pembicaraan tentang integritas di saat-saat yang kritis. Dia menekankan pada nilai integritas.

Menurut Warren Buffett, kita akan menemukan bahwa orang yang bekerja dengan karakter dan integritas dapat dipercaya, sehingga tidak perlu khawatir tentang tindakan mereka, atau apakah mereka menyembunyikan sesuatu dari siapa pun. 

Baca Juga: Kata Warren Buffett soal ketidakmampuan investor belajar sejarah terkait pasar saham

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru