kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini Penjelasan WHO Soal Hepatitis Akut Misterius


Rabu, 11 Mei 2022 / 10:55 WIB
Ini Penjelasan WHO Soal Hepatitis Akut Misterius
ILUSTRASI. WHO mengatakan bahwa 348 kemungkinan kasus hepatitis yang tidak diketahui asal usulnya telah diidentifikasi. REUTERS/Denis Balibouse

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JENEWA. Pada Selasa (10/5/2022), Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa 348 kemungkinan kasus hepatitis yang tidak diketahui asal usulnya telah diidentifikasi.

Melansir Channel News Asia, WHO menilai hipotesis utama penyebab penyakit ini adalah adenovirus.

Kasus telah dilaporkan di 20 negara, dengan 70 kasus tambahan dari 13 negara lainnya yang menunggu klasifikasi karena tes menunggu penyelesaian.

Hanya enam negara yang melaporkan lebih dari lima kasus, dengan lebih dari 160 dilaporkan di Inggris.

"Selama seminggu terakhir, ada beberapa kemajuan penting dengan penyelidikan lebih lanjut dan beberapa penyempurnaan hipotesis kerja," jelas Philippa Easterbrook, dari program hepatitis global WHO, mengatakan dalam konferensi pers.

Baca Juga: Gejala Awal, Sedang, dan Berat Hepatitis Akut, Cegah dengan Cara Ini

Dia mengatakan, Inggris telah mengoordinasikan serangkaian studi komprehensif yang melihat genetika anak-anak yang terkena dampak, respons kekebalan mereka, virus, dan studi epidemiologi lebih lanjut.

WHO pertama kali diberitahu pada 5 April dari 10 kasus hepatitis yang tidak dapat dijelaskan di Skotlandia, yang terdeteksi pada anak-anak di bawah usia 10 tahun.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS mengatakan pada hari Jumat, bahwa pihaknya sedang menyelidiki 109 kasus seperti itu, termasuk lima kematian yang dilaporkan.

"Saat ini, hipotesis utama tetap melibatkan adenovirus - dengan juga masih merupakan pertimbangan penting tentang peran COVID, baik sebagai koinfeksi atau infeksi masa lalu," kata Easterbrook.

Baca Juga: Sudah 5 Orang Meninggal Akibat Hepatitis Akut, Kenali 7 Gejala Awal dan Lanjutannya

Dia menambahkan, pengujian lebih lanjut dalam seminggu terakhir mengkonfirmasi bahwa sekitar 70% dari kasus dinyatakan positif adenovirus, dengan sub-tipe 41 - biasanya terkait dengan gastroenteritis - sub-tipe yang lazim.

Pengujian juga menunjukkan bahwa sekitar 18% kasus secara aktif dinyatakan positif COVID-19.

"Fokus besar selama minggu depan adalah melihat pengujian serologis untuk paparan dan infeksi sebelumnya dengan COVID," kata Easterbrook. 



TERBARU

×