kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini pemenang lelang blok migas tahap I tahun 2021


Sabtu, 04 September 2021 / 10:05 WIB
Ini pemenang lelang blok migas tahap I tahun 2021

Reporter: Filemon Agung | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengumumkan Pemenang Lelang Penawaran Langsung Wilayah Kerja (WK) Minyak dan Gas Bumi Tahap I Tahun 2021 dalam acara Konvensi dan Pameran IPA ke-45 di Jakarta, Jumat (3/9). Adapun, pada lelang penawaran langsung tahap I ini ada 4 blok migas yang ditawarkan yakni South CPP, Sumbagsel, Rangkas dan Liman.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji mengungkapkan dari 4 blok migas yang ditawarkan, hanya ada 2 blok migas yang memiliki pemenang. Kedua blok tersebut yakni WK South CPP dengan pemenang lelang PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG) dan WK Liman dengan pemenang lelang Husky Energy International Corporation.

"Selamat untuk para pemenang lelang. Saya harap ini memberi sinyal positif bagi investasi hulu migas Indonesia yang menjanjikan dalam menghadapi tantangan global saat ini," ujar Tutuka, Jumat (3/9).

Adapun, komitmen pasti dan bonus tanda tangan WK South CPP sebagai berikut, meliputi komitmen pasti 3 tahun pertama berupa Studi G & G, Seismik 2D 500 km, Seismik 3D 50 km2 dan 1 Sumur Eksplorasi senilai US$ 13,60 juta dan bonus tanda tangan US$ 500.000

Sementara itu,  komitmen pasti dan bonus tanda tangan WK Liman sebagai berikut, komitmen pasti 3 tahun pertama berupa Studi G & G dan Seismik 2D 400 km senilai US$ 6,70 juta serta bonus tanda tangan US$ 200.000.

Baca Juga: Kementerian ESDM mulai pengeboran perdana di WKP Cisolok

Tutuka mengungkapkan, pihaknya bakal mengirimkan pemberitahuan resmi kepada kedua pemenang lelang blok migas. Nantinya, para pemenang diberikan batas waktu maksimum 14 hari untuk menyampaikan letter of intent.

Sementara itu, dua blok migas yang belum memiliki pemenang akan berstatus menjadi Wilayah Kerja Available. Wilayah Kerja Available ini dapat dievaluasi untuk ditawarkan kembali pada kesempatan lelang berikutnya maupun terbuka untuk diusulkan sebagai wilayah studi bersama.

Tutuka melanjutkan, sesuai dengan ketentuan yang termuat dalam dokumen lelang dua blok migas tersebut, maka Pertamina mendapatkan kesempatan untuk memperoleh 15% hak partisipasi dari dua blok tersebut. Kendati demikian, ketentuan ini bersifat penawaran. "Kami akan menyampaikan hal ini ke Pertamina," jelas Tutuka.

Tutuka melanjutkan, saat ini masih berjalan Lelang Reguler WK Migas Tahap I 2021 yang terdiri dari 2 Wilayah Kerja yaitu Merangin III dan North Kangean. Jadwal akses Dokumen Lelang masih dibuka sampai dengan tanggal 12 Oktober 2021, sedangkan pemasukan Dokumen Partisipasi pada tanggal 12 sampai dengan 14 Oktober 2021. "Kami mengundang perusahaan-perusahaan yang ada untuk ikut serta dalam lelang," pungkas Tutuka.

Selanjutnya: Rata-rata harga minyak mentah Indonesia (ICP) Agustus turun jadi US$ 67,80 per barel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×