Ini lima tersangka militan Islam yang dimasukkan AS dalam daftar teroris global

Sabtu, 07 Agustus 2021 | 16:15 WIB Sumber: Reuters
Ini lima tersangka militan Islam yang dimasukkan AS dalam daftar teroris global

ILUSTRASI. Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken mengatakan, AS menambah lima tersangka militan Islam ke dalam daftar Teroris Global SDGT.

KONTAN.CO.ID -  WASHINGTON. Departemen Luar Negeri Amerika Serikat menambahkan lima tersangka militan Islam ke dalam daftar Teroris Global atawa Specially Designated Global Terrorist (SDGT) pada Jumat (6/8). 

Dengan masuk ke daftar ini, maka AS akan melakukan pemblokiran kepemilikan atau kepentingan apa pun atas properti yang berada di Negeri Paman Sam  yang mereka miliki.

Penunjukan tersebut juga mengekspos kemungkinan sanksi AS terhadap individu atau lembaga keuangan asing yang terlibat dalam transaksi tertentu dengan kelima tersangka baru tersebut.

Dalam daftar yang dirilis Jumat (6/8), Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menyebut ada nama Bonomade Machude Omar, yang merupakan komandan militer senior afiliasi ISIS di Mozambik. Omar memimpin sekelompok ekstremis yang membunuh puluhan orang dalam serangan di Hotel Amarula di kota Palma pada bulan Maret lalu.

Baca Juga: Dipimpin Rusia, 1.500 tentara dari tiga negara akan menggelar latihan anti terorisme

Dia juga bertanggung jawab atas serangan di tempat lain di Mozambik dan di Tanzania, tambah Blinken dalam pernyataannya.

Selain itu, ada Sidang Hitta dan Salem Ould al-Hasan, pemimpin senior Jama'at Nusrat al-Islam wal-Muslimin yang berbasis di Mali. Lalu, Ali Mohamed Rage dan Abdikadir Mohamed Abdikadir, yang merupakan pemimpin kelompok al Shabaab Somalia. 

 

Selanjutnya: Presiden Macron jadi salah satu target spyware Pegasus buatan Israel

 

Editor: Anna Suci Perwitasari
Terbaru