kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini ketinggian baru Gunung Everest, titik tertinggi di Bumi


Rabu, 09 Desember 2020 / 01:05 WIB
Ini ketinggian baru Gunung Everest, titik tertinggi di Bumi

Sumber: Channel News Asia | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - KATHMANDU. Titik tertinggi di Bumi menjadi sedikit lebih tinggi, karena China dan Nepal akhirnya menyepakati ketinggian untuk Gunung Everest setelah perdebatan selama beberapa dekade.

Mengutip Channel News Asia, Ketinggian Gunung Everest yang China dan Nepal sepakati dan mereka umumkan pada konferensi pers bersama di Kathmandu pada Selasa (8/12) adalah 8.848,86 meter di atas permukaan laut.

Angka itu 86 cm lebih tinggi dari Ketinggian Gunung Everest yang sebelumnya Nepal akui, dan lebih dari empat meter di atas angka resmi China.

Penyebab perbedaan tersebut lantaran China mengukur ketinggian batu di puncak Gunung Everest, dan bukan selubung salju juga es di puncak gunung tertinggi di dunia itu.

Baca Juga: Cegah virus corona, China batalkan izin pendakian ke Gunung Everest

Mount Everest

Pertama kali menentukan ketinggian Everest pada 1856

Menggunakan trigonometri ratusan mil jauhnya di dataran India, ahli geografi kolonial Inggris pertama kali menentukan ketinggian Everest pada 1856 silam di 8.840 meter di atas permukaan laut.

Setelah Edmund Hillary dan Tenzing Norgay Sherpa yang terkenal pertama kali mencapai puncak Everest pada 29 Mei 1953, sebuah survei India menyesuaikan ketinggian menjadi 8.848 meter.

Pengukuran itu diterima secara luas, dengan angka yang memikat tidak hanya pendaki gunung yang ambisius tetapi juga nama-nama yang menginspirasi untuk lini pakaian petualangan, restoran, bahkan vodka.

Pada 1999, National Geographic Society menyimpulkan titik tertinggi di dunia itu lebih tinggi, di 8.850 meter. Tetapi, Nepal tidak pernah secara resmi mengakui ketinggian baru ini, meskipun dikutip secara luas.

Baca Juga: Bahkan Gunung Everest pun harus ditutup gara-gara corona



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

×