kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini kata Jokowi soal kritik dari BEM UI


Rabu, 30 Juni 2021 / 04:35 WIB
Ini kata Jokowi soal kritik dari BEM UI

Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Presiden Joko Widodo memberikan tanggapan atas kritik yang disampaikan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI) mengenai dirinya yang disebut the King of Lip Service. 

Menurut Presiden, hal itu merupakan bentuk ekspresi mahasiswa.  "Terakhir ada yang memyampaikan the King of Lip Service, ya saya kira ini bentuk ekspresi mahasiswa. Karena ini negara demokrasi ya kritik itu boleh-boleh saja," ujarnya dalam keterangan pers di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (29/6/2021). 

Menurutnya universitas tidak perlu menghalangi mahasiswa dalam menyampaikan ekspresi mereka. Namun, dia mengingatkan bahwa Indonesia memiliki budaya tata krama dan sopan santun. 

Lebih lanjut, Jokowi juga menyinggung sederet julukan dan sebutan yang pernah diberikan kepadanya. 

Baca Juga: BEM UI dipanggil Rektorat soal postingan "Jokowi The King of Lip Service"

"Itu kan sudah sejak lama ya. Dulu ada yang bilang saya ini klemar-klemer. Ada yang bilang saya itu plonga-plongo. Kemudian ganti lagi ada yang bilang saya ini otoriter," ungkapnya. 

"Kemudian ada yang ngomong saya ini bebek lumpuh. Dan baru-baru ini ada yang ngomong saya ini bapak bipang," tambah kepala negara. 

Sebelumnya, BEM UI mempublikasikan postingan berjudul Jokowi:The King of Lip Service di akun media sosial mereka. 

Dalam postingan tersebut, BEM UI mengkritik Presiden Jokowi yang kerap kali mengobral janji. 

Postingan itu juga menyindir sejumlah janji dan keputusan Jokowi, mulai dari rindu didemo, revisi UU ITE, penguatan KPK, dan rentetan janji lainnya.

Baca Juga: BEM-UI keluarkan pernyataan sikap atas pembubaran FPI

Usai unggahan tersebut ramai dibicarakan, pihak rektorat UI pun sudah melakukan pemanggilan kepada 10 mahasiswa pada hari Minggu (27/6/2021). 
Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi (KIP) UI, Amelita Lusia menyebut, pemanggilan itu merupakan bagian dari langkah pembinaan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Disebut King of Lip Service, Jokowi: Saya Kira Ini Bentuk Ekspresi Mahasiswa"
Penulis : Dian Erika Nugraheny
Editor : Dani Prabowo

Selanjutnya: Hari ini mahasiswa kembali gelar aksi di depan Gedung DPR yang berpotensi tutup jalan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

×