kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini Kata Dubes Palestina Soal Keikutsertaan Timnas Israel di Piala Dunia U-20


Rabu, 29 Maret 2023 / 07:10 WIB
Ini Kata Dubes Palestina Soal Keikutsertaan Timnas Israel di Piala Dunia U-20

Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Duta Besar Palestina untuk RI Zuhair Al Shun pada Sabtu (25/3/2023) mengatakan, pihaknya tidak keberatan timnas Israel ikut Piala Dunia U20 di Indonesia.

Zuhair menegaskan, keikutsertaan setiap negara (di Piala Dunia U20) adalah bagian dari kompetisi yang sudah berlangsung.

“Tidak ada kaitannya dengan persoalan suka atau tidak suka," tandasnya setelah pertemuan dengan Presiden Indonesia Joko Widodo yang didampingi Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di Istana Merdeka, dikutip dari Antara.

Kompas.com sebelumnya mewartakan, Zuhair pun yakin dukungan Pemerintah Indonesia terhadap Palestina tidak akan berubah dengan adanya keikutsertaan Israel.

Baca Juga: Piala Dunia U-20, Jokowi: Keikutsertaan Israel Tak Terkait Dukungan RI ke Palestina

Polemik timnas Israel ikut Piala Dunia U20 di Indonesia

Masih dikutip dari Antara, FIFA membatalkan undian (drawing) Piala Dunia U20 2023 yang rencananya digelar di Bali pada 31 Maret 2023. Adapun Piala Dunia U20 di Indonesia dijadwalkan pada 20 Mei-11 Juni 2023 di enam kota.

Salah satu Exco PSSI Arya Sinulingga dalam jumpa pers di Jakarta, Minggu (26/3/2023), mengungkapkan bahwa walau belum ada surat resmi dari FIFA terkait pembatalan drawing, infonya sudah diperoleh dari panitia lokal (LOC).

Pembatalan tersebut, menurut Arya, bisa dimaklumi untuk merespons penolakan keikutsertaan timnas Israel di Piala Dunia U20 2023 yang disampaikan Gubernur Bali I Wayan Koster kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) sebelumnya.

“Padahal Gubernur Bali sudah meneken government guarantee, memuat kesepakatan RI yang menjadi tuan rumah PD U20 2023 (dengan mematuhi statuta FIFA tentunya). Sekarang menolak. Jadi, wajar FIFA membatalkan drawing,“ tuturnya.

Selain Gubernur Bali, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, DPP PDI-P Jawa Barat, PKS, Gerakan Boycott, Divestment and Sanction alias BDS Indonesia ikut menolak rencana Israel ikut Piala Dunia U20 2023.

Baca Juga: Breaking News! Jokowi: RI Jadi Penyelenggara U20 Sebelum Israel Lolos Kualifikasi

Israel tampil sebagai runner-up Euro U19 2022 setelah takluk dari Inggris di final, sehingga kedua tim serta Perancis, Italia, dan Slovakia mewakili Eropa di Piala Dunia U20 2023.

Pebulu tangkis Israel Misha Zilberman juga pernah ditolak masuk Indonesia saat hendak mengikuti Kejuaraan Dunia BWF 2015 di Jakarta, tetapi akhirnya bisa tampil di Istora Senayan.

Perjalanan Zilberman ke Indonesia sempat terhenti di Singapura karena tidak mendapatkan visa masuk dari Pemerintah RI. Panitia lalu turun tangan dan berhasil membantunya mendapat visa.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Palestina Tidak Keberatan Israel Ikut Piala Dunia U20 di Indonesia"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

×