kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini Jurus Tokopedia Memacu Transaksi Penjualan Menyambut Imlek


Sabtu, 07 Januari 2023 / 09:45 WIB
Ini Jurus Tokopedia Memacu Transaksi Penjualan Menyambut Imlek

Reporter: Nurtiandriyani Simamora | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menjelang momen Hari Raya Imlek 2023 yang jatuh pada tanggal 22 Januari, perusahaan platform E-commerce PT Tokopedia sudah menyiapkan strategi-strategi pemasaran untuk menggenjot transaksi penjualan.

Demi mengakomodir antusiasme masyarakat di tahun ini, entitas anak dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) ini terus menghadirkan berbagai promo setiap hari untuk membantu masyarakat berbelanja berbagai kebutuhan dengan lebih efisien, termasuk produk kebutuhan Imlek.

Satunya adalah dengan memberikan promo Serbu Official Store. Hal ini juga sekaligus menjaga kelangsungan bisnis para pelaku UMKM dan mendorong pemulihan ekonomi nasional.

Di sisi lain, Tokopedia juga secara rutin mengadakan festival belanja bulanan Waktu Indonesia Belanja (WIB) setiap tanggal 25 hingga akhir bulan yang menawarkan lebih banyak nilai tambah.

Baca Juga: Tokopedia Ungkap Tren Produk Terlaris, Penjualan Mainan Lato-lato Naik 57x Lipat

Hal ini berkaca pada perayaan Imlek tahun lalu, dimana perusahaan mencatat kenaikan transaksi penjualan meningkat berkali-kali lipat, yakni diantaranya transaksi produk kue keranjang yang meningkat hingga 4x lipat menjelang Tahun Baru Imlek di bulan Januari 2022 dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Begitu juga dengan transaksi produk amplop angpao meningkat hampir lebih dari 3x lipat, produk parsel juga meningkat hampir 3x lipat, dan disusul dengan transaksi produk penjualan dekorasi Imlek yang meningkat hampir 2x lipat.

“Kami melihat antusiasme masyarakat yang tinggi dalam merayakan Imlek di tahun sebelumnya. Hal ini dibuktikan dengan beberapa temuan menarik seputar tren belanja menjelang Imlek pada tahun 2022,” kata Head of External Communications Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya kepada Kontan.co.id, Jumat (6/1).

Lebih jauh lagi, Tokopedia terus menggencarkan Inisiatif Hyperlocal yang menerapkan teknologi geo-tagging untuk mendekatkan pembeli dengan penjual di mana pun mereka berada, agar pembeli bisa mendapatkan produk kebutuhan yang lebih beragam dengan lebih cepat dan efisien, dan UMKM di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh dan berkembang (tanpa harus pindah ke kota besar).

Beberapa manifestasi inisiatif hyperlocal diantaranya Bangga Buatan Indonesia (BBI), yakni gerakan nasional kolaborasi dengan pemerintah untuk mengajak masyarakat memakai produk dari UMKM lokal. Terdapat widget khusus ‘Bangga Lokal’ di halaman utama Tokopedia berisi produk dari UMKM

Lainnya adalah Kumpulan Toko Pilihan (KTP) halaman kurasi produk dari penjual terdekat dari lokasi pembeli. Dilayani Tokopedia berkolaborasi dengan mitra logistik terpercaya untuk menyediakan layanan pemenuhan pesanan (fulfillment) yang memungkinkan pembeli untuk menjangkau produk penjual yang dititipkan di ‘gudang pintar’ pada wilayah dengan permintaan tinggi.

Baca Juga: Promo Tokopedia Liburan dengan Diskon Hingga Rp 1 Juta Pakai Kredivo Paylater

Tokopedia terus bertransformasi menjadi Super Ecosystem dengan mendorong pertumbuhan bisnis yang konsisten dan berkelanjutan.

“Kami mengutamakan strategi pemasaran yang lebih optimal, efisien dan relevan. Kami terus beradaptasi guna menjawab berbagai kebutuhan pengguna, baik pembeli maupun penjual dan mitra strategis lain, yang terus berubah seiring berjalannya waktu,” kata Ekhel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×