Ini jurus BRI mengembangkan kredit korporasi

Minggu, 19 September 2021 | 07:05 WIB   Reporter: Maizal Walfajri
Ini jurus BRI mengembangkan kredit korporasi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk konsisten menggarap segmen UMKM. Kendati demikian, bank bersandi saham BBRI ini tidak meninggalkan kredit korporasi.

Sekretaris Perusahaan BRI Aestika Oryza Gunarto bilang meskipun kredit korporasi bukan core business BRI, namun akan terus didorong untuk tetap tumbuh. Meskipun volume kredit korporasi didorong tetap tumbuh, namun pertumbuhannya tidak setinggi kredit UMKM.

“Di tahun 2025 BRI memiliki visi untuk meningkatkan porsi komposisi kredit UMKM mencapai 85%, sementara porsi kredit korporasi maksimal berada di kisaran 15%,” ujar Aestika kepada Kontan.co.id pada Jumat (28/9).

Baca Juga: Turun 0,82%, harga saham BBRI merah di akhir perdagangan bursa Jumat (17/9)

Lanjutnya, segmen korporasi yang dibidik oleh BRI yakni yang memiliki value chain terhadap penghimpunan dana murah atau current account and saving account (CASA).

Juga yang memiliki potensi  transactional banking serta memiliki turunan atau trickle down business di segmen ritel, kecil dan mikro.

“Khusus untuk kredit korporasi masih cukup besar potensinya, seiring dengan adanya pemulihan ekonomi Indonesia. Proyek-proyek yang sebelumnya tertunda karena imbas pandemi Covid-19 saat ini sudah mulai berproses kembali,” jelas Aetika.

Ia mencontohkan, proyek di sektor  Pertambangan, Manufaktur, Agribisnis, Telekomunikasi, dan juga Proyek yang sifatnya Proyek Strategis Nasional masih potensial digarap. Sebagai gambaran, kredit korporasi BRI Non BUMN tercatat tumbuh 3,7% yoy pada akhir Agustus 2021.

 

 

Editor: Yudho Winarto
Terbaru