kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini faktor yang membuat pemerintah yakin pertumbuhan ekonomi di kuartal II capai 7%


Kamis, 20 Mei 2021 / 06:50 WIB
Ini faktor yang membuat pemerintah yakin pertumbuhan ekonomi di kuartal II capai 7%

Reporter: Yusuf Imam Santoso | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Larangan mudik yang kembali diberlakukan pemerintah di tahun ini diprediksi tidak akan terlalu mengganggu pemulihan perekonomian Indonesia, khususnya di kuartal II-2021. 

Buktinya, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto tetap memprediksi, ekonomi di kuartal II-2021 tumbuh pesat. Alasannya, karena aktivitas ekonomi yang menggeliat dibandingkan periode April-Juni tahun lalu. 

Di sisi lain, Airlangga menilai, keputusan sebagian masyarakat yang memilih mudik saat Lebaran juga tidak akan membawa pengaruh negatif. Dia mengklaim, protokol kesehatan yang tetap dilakukan masih mampu mengendalikan tingkat penyebaran virus corona. 

Alhasil, pasca libur Lebaran geliat ekonomi masih bisa berjalan normal dengan protokol kesehatan. Dan lonjakan kasus harian pun tidak terjadi.

Baca Juga: Atur ulang ketentuan tarif PPN, pemerintah ajukan skema GST

“Tentu kita harus berkonsentrasi pada konsumsi rumah tangga, LNPRT , dan terkait PMTB. Ini yang harus kita dorong di kuartal II-2021 agar bisa tumbuh lebih tinggi atau di kisaran 7% dengan berbagai stimulus PEN,” jelas Airlangga, Rabu (19/5).

Airlangga menambahkan, optimisme pemerintah pertumbuhan ekonomi di periode April-Juni 2021 bisa lebih tinggi karena basis realisasi harga konstan pada kuartal II-2020 rendah yakni hanya Rp 2.589 triliun. 

“Di kuartal I-2021 ini bahkan kita sudah Rp 2.683 triliun. Sehingga tentu untuk mencapai Rp 2.700 triliun-an relatif bisa tercapai. Mengingat beberapa kebijakan yang sudah dilakukan dan mengingat peredaran jumlah uang yang beredar,” ucap Menko Airlangga.

Lebih lanjut dia menyebut, perbaikan ekonomi akan terus ter-akselerasi pada periode-periode selanjutnya yakin di kuartal III hingga kuartal IV tahun ini. Sehingga secara keseluruhan tahun 2021 pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa mencapai 4,5% hingga 5,3% yoy.

Selanjutnya: Pemerintah agendakan tax amnesty jilid II

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

×