kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45981,95   -5,95   -0.60%
  • EMAS1.164.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini Definisi Bahagia Menurut Warren Buffett, Bukan Soal Uang


Jumat, 17 Februari 2023 / 11:30 WIB
Ini Definisi Bahagia Menurut Warren Buffett, Bukan Soal Uang
ILUSTRASI. Miliarder Berkshire Hathaway, Warren Buffett, memiliki banyak hal untuk dibanggakan. REUTERS/Scott Morgan

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - OMAHA. Miliarder Berkshire Hathaway, Warren Buffett, memiliki banyak hal untuk dibanggakan. Nilai kekayaan yang dimilikinya sangat besar. 

Tetapi Buffett mengatakan keberhasilan keuangannya bukanlah akar kebahagiaannya.

Lantas, apa definisi bahagia menurut Warren Buffett? 

Dia bilang, kebahagiannya lebih karena dia menikmati pekerjaannya dan orang-orang yang dicintainya.

"Saya tidak bisa membeli waktu, saya tidak bisa membeli cinta tetapi saya bisa melakukan hal lain dengan uang, cukup banyak. Dan mengapa saya bangun setiap hari dan melompat dari tempat tidur dan saya bersemangat pada usia 88? Itu karena saya mencintai apa yang saya lakukan dan mencintai orang yang saya lakukan dengannya," kata Buffett beberapa tahun lalu kepada Financial Times.

"Saya punya 25 orang di sini [di Berkshire]. Kami pergi ke pertandingan bisbol bersama. Mereka mencoba dan membuat hidup saya baik, saya mencoba dan membuat hidup mereka baik," kata Buffett.

Baca Juga: Ini 10 miliarder yang nilai kekayaan melonjak tinggi dalam satu dekade terakhir

"Saya berlibur setiap hari. Jika ada tempat lain yang ingin saya kunjungi, saya akan pergi ke sana."

Memang, Buffett sebelumnya mengatakan kepada "Squawk Box" CNBC bahwa mengandalkan uang untuk membuat Anda bahagia tidak bisa diandalkan.

"Bahkan uang US$ 1 juta tidak akan membuat Anda bahagia, itu tidak akan terjadi. Karena dengan begitu kebahagiaan Anda akan menghilang ketika Anda melihat ke lingkungan sekitar dan menemukan orang-orang yang memiliki US$ 2 juta," katanya.

Baca Juga: Enam pemikiran istimewa jelang akhir tahun dari Warren Buffett

Faktanya, kata Buffett, bahkan ketika dia baru saja keluar dari sekolah dengan hanya US$ 10.000, dia tetap bahagia karena "Saya memiliki banyak kesenangan."

Dan itu tetap berlaku sampai hari ini. "Ini adalah istana kesenangan di sini," katanya kepada Financial Times tentang rumahnya di Berkshire Hathaway.

"Saya rasa, saya mengalami kesenangan yang lebih banyak di sini dibanding orangtua lain di dunia yang berusia 88 tahun."

Pelajaran kebahagiaan Buffett dalam empat kata 

Pelajaran terbesar tentang kebahagiaan dari pidato Warren Buffett adalah berasal dari empat kata ini: Do what you love (Lakukan apa yang Anda sukai). 

Melansir Inc.com, Warren mengatakan:  

"Saya bisa bekerja di pekerjaan yang saya sukai, tetapi saya selalu bekerja di pekerjaan yang saya sukai. Saya sangat menyukainya ketika saya pikir itu adalah masalah besar untuk menghasilkan US$ 1.000. Saya mendorong Anda untuk bekerja dalam pekerjaan yang Anda sukai. Saya pikir Anda sudah gila jika terus mengambil pekerjaan yang tidak Anda sukai karena menurut Anda itu akan terlihat bagus di resume Anda."  

Warren Buffett sudah melakukan apa yang dia sukai sekarang jauh sebelum dia menjadi sukses.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×