Global

Ini daftar penyakit yang ditandai sakit pinggang sebelah kiri

Selasa, 18 Mei 2021 | 03:10 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini daftar penyakit yang ditandai sakit pinggang sebelah kiri

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Waspada jika Anda mengalami sakit pinggang sebelah kiri. Sakit pinggang sebelah kiri bisa menjadi pertanda munculnya penyakit tertentu.

Ada banyak hal yang menyebabkan sakit pinggang sebelah kiri. Tentu saja dengan mengetahui penyebabnya, Anda menjadi lebih mudah untuk mencari obat sakit pinggang. Usahakan untuk memeriksakan diri ke dokter, apalagi jika Anda mengalami gejala yang lebih parah.

Setiap orang mengalami rasa sakit yang berbeda-beda. Ada kasus di mana rasa sakit tak terlalu terasa, tapi berlangsung dalam jangka waktu lama. Namun, ada pula kasus di mana Anda merasa sangat nyeri, tapi berlangsung sebentar saja.

Anda perlu menjelaskan rasa sakit yang Anda alami secara detail kepada dokter. Nantinya, dokter akan menggabungkan hasil pemeriksaan dengan gejala yang Anda alami untuk menentukan pengobatan yang Anda perlukan. Biasanya, sakit pinggang kiri disebabkan beberapa hal ini.

Infeksi Ginjal

Mengutip dari Medical News Today (medicalnewstoday.com), infeksi ginjal termasuk salah satu penyebab sakit pinggang. Awalnya, bakteri menginfeksi kandung kemih lalu infeksi itu menyebar ke bagian ginjal Anda.

Selain menyebabkan pinggang kiri sakit, infeksi ginjal juga ditandai dengan gejala yang lain. Mulai dari urin yang keluar berbau dan berwarna gelap, demam, mual, muntah, dan lain sebagianya. Untuk orang tua, infeksi ginjal juga bisa menyebabkan halusinasi.

Baca Juga: 4 Opsi obat sakit pinggang dari bahan alami yang bisa Anda coba

Batu Ginjal

Tidak hanya infeksi, kemunculan batu ginjal juga bisa menyebabkan pinggang sebelah kiri sakit, lo. Batu ginjal terbentuk karena mineral yang menumpuk dan mengkristal. Rasa sakit muncul saat batu ginjal tersebut memiliki ukuran yang besar dan menyumbat saluran kencing.

Kondisi tersebut menyebabkan munculnya rasa sakit saat Anda buang air kecil. Tidak berhenti sampai di situ, Anda juga bisa mengalami demam dan mual. Bahkan, urin yang Anda keluarkan bisa bercampur dengan darah.

Baca Juga: Bahan rumahan ini bisa jadi obat sakit pinggang

Artritis

Ada banyak hal yang bisa jadi penyebab sakit pinggang sebelah kiri.

Tahukah Anda bahwa artritis bisa jadi penyebab sakit pinggang sebelah kiri? Melansir Medical News Today, artritis dapat menyebabkan tulang rawan di sekitar pinggang meradang sehingga rasa sakit pun muncul. Selain itu, artritis juga ditandai dengan punggung kaku dan Anda kesulitan untuk bergerak.

Pankreatitis

Salah satu gejala pankreatitis adalah sakit pinggang sebelah kiri. Pankreatitis adalah kondisi di mana pankreas mengalami pembengkakan, entah karena konsumsi alkohol berlebih, operasi di bagian perut, atau penggunaan obat tertentu.

Selanjutnya: 5 Rekomendasi obat sakit pinggang alami yang mudah dicoba

Editor: Belladina Biananda
Terbaru