kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini Beda Penerima Bansos Telur dan Daging Dengan Bansos Beras


Minggu, 09 April 2023 / 09:15 WIB
Ini Beda Penerima Bansos Telur dan Daging Dengan Bansos Beras

Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah akan memberikan bantuan sosial (Bansos) berupa telur dan daging ayam pada bulan April 2023. Badan Pangan Nasional (Bapanas) menargetkan penyaluran bansos ini bisa dilaksanakan minggu kedua atau ketiga April. 

Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengatakan bahwa data penerima bansos telur dan daging ayam berbeda dengan penerima bansos beras. Bansos telur dan ayam diberikan kepada masyarakat yang terdaftar di Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), sementara penerima bansos beras menggunakan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Kementerian Sosial.

"Ini nanti penerimanya datanya dari BKKBN karena program pengentasan stunting juga kita harapkan," kata Arief, pada Kamis (6/4).

Adapun jumlah bantuan yang diberikan adalah 1 pak telur berisi 10 butir dan 1 kilogram daging ayam per penerima manfaat.

"Regulasi untuk program ini sedang kita siapkan, karena ketika pemerintah melakukan sesuatu, regulasinya harus dibuat terlebih dahulu, kemudian dieksekusi. Kita berusaha agar program ini dapat berjalan pada minggu kedua atau ketiga bulan April ini," kata Arief.

Baca Juga: Bulog Baru Serap 15.000 Ton Beras dari Penggilingan Padi, Apa Kendalanya?

Sebelumnya, pemerintah melalui Perum Bulog telah menyalurkan bansos beras sebanyak 10 kilogram per keluarga penerima manfaat (KPM) mulai bulan Maret 2023. Arief mengatakan bahwa tugas penyaluran bantuan pangan tahun 2023 ini diberikan kepada Bulog.

Hal ini karena Bulog dianggap mampu dan berhasil menjalankan program-program pemerintah sebelumnya, terlebih lagi Bulog saat ini sudah bertransformasi dalam menghasilkan produk-produk yang lebih berkualitas.

"Penugasan Bantuan Pangan dari Presiden ini diharapkan dapat segera dirasakan manfaatnya oleh Keluarga Penerima Manfaat. Selain itu, pendistribusian bantuan ini juga diharapkan dapat mengendalikan dampak inflasi untuk menjaga stabilitas harga pangan di tingkat produsen dan konsumen," kata Arief.

Sementara itu, Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso, mengatakan bahwa dalam program Bantuan Pangan ini, Bulog telah menyediakan beras untuk alokasi penyaluran selama 3 bulan, yang dimulai sejak bulan Maret 2023.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Bansos Telur dan Daging Ayam Segera Disalurkan, Ini Jumlah yang Bakal Diterima.

Penulis: Elsa Catriana
Editor: Erlangga Djumena

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×