kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini Awal Mula KPK Telisik Dugaan Korupsi di Kementerian Pertanian


Selasa, 20 Juni 2023 / 05:53 WIB
Ini Awal Mula KPK Telisik Dugaan Korupsi di Kementerian Pertanian
ILUSTRASI. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menjawab pertanyaan wartawan usai memenuhi panggilan KPK di Gedung KPK lama, Jakarta, Senin (19/6/2023).

Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membeberkan awal mula penyelidikan kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan).

Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, mulanya KPK sudah lama menerima laporan dari publik adanya dugaan korupsi di lingkungan Kementan. Atas dasar laporan tersebut, KPK mulai melakukan pendalaman akan dugaan korupsi ini.

"Intinya dalam prosedur penegakan hukum tentu (berawal dari) pengaduan masyarakat, kemudian ditindaklanjuti badan penindakan, dalam penyelidikan dan pengumpulan keterangan. Ini sudah lama KPK lakukan, di awal tahun 2023 dan laporan masyarakat sebelum itu," ungkap Ali Fikri saat ditemui di Gedung lama KPK, Jakarta, Senin (19/6).

Baca Juga: Dugaan Korupsi di Kementan Naik ke Tingkat Penyidikan? Ini Kata KPK

Fikri menjelaskan, KPK baru melakukan penyelidikan pada Juni 2023. Hal ini dikarenakan perlu ada proses verifikasi pendalalan dan lain sebagainya sebelum KPK melakukan suatu penyelidikan.

Dalam proses penyelidikan yang tengah berlangsung, KPK tengah beruapaya mengumpulkan keterangan berbagai pihaknya. Saat ini, sebanyak 30 orang telah diperiksa atas dugaan korupsi di Kementan.

Setelah mengumpulkan berbagai keterangan, KPK akan mealkukan analisa lebih lanjut terhadap proses penyelidikan. Selanjutnya akan diputuskan apakah perkara ini dapat naik ketingkat penyidikan.

"Tentu kami segera menganalisis selalu keterangan dari pihak yang sudah diundang dalam proses penyelidikan, untuk menentukan sikap dari hasil permintaan keterangan yang dimaksud," ujarnya.

Senin (19/6), KPK telah melakukan pemeriksaan terhadap Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk di mintai keterangan terkait dugaan korupsi di Kementan.

Syahrul hadir memenuhi panggilan setalah dua kali mangkir dengan alasan tengah melakukan tugas negara sebagai Menteri Pertanian.

"Alhamdulillah panggilan ini sudah jalan, saya sudah diperiksa secara profesional dan saya tetap akan kompromi, kooperatif kapanpun dibutuhkan," kata Syahrul.

Baca Juga: Dugaan Korupsi di Kementerian Pertanian, KPK Sudah Periksa 30 Orang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×