Ini alasan ekonom Bank Danamon proyeksi BI baru kerek suku bunga di akhir 2022

Rabu, 22 September 2021 | 10:40 WIB   Reporter: Bidara Pink
Ini alasan ekonom Bank Danamon proyeksi BI baru kerek suku bunga di akhir 2022

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Danamon memproyeksikan, Bank Indonesia (BI) baru mengerek suku bunga acuan atawa BI 7 Day Reserve Repo Rate (BI7-DRRR) pada akhir tahun 2022 mendatang.

Namun, Ekonom Bank Danamon Wisnu Wardhana menegaskan, proyeksi tersebut dengan catatan bahwa pemulihan ekonomi tampak nyata di tahun depan.

“Dengan catatan, jika pemulihan ekonomi akan berjalan sesuai dengan ekspektasi, maka perubahan suku bunga acuan akan terjadi di sekitar akhir tahun depan,” kata dia kepada Kontan.co.id, Selasa (21/9).

Baca Juga: Ekonom: BI akan pertahankan kebijakan suku bunga rendah hingga akhir 2021

Wisnu menambahkan, sepertinya bank sentral masih akan mempertahankan sikap akomodatifnya sedikit lebih lama dari perkiraan.

Hal ini mengingat komitmen BI untuk membeli Surat Berharga Negara (SBN) di pasar perdana pada tahun depan, lewat Surat Keputusan Bersama (SKB) III dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Nah, untuk tahun ini, ia memperkirakan BI masih akan mempertahankan suku bunga acuan di level 3,50% mengingat masih adanya ketidakpastian yang tetap tinggi di pasar keuangan global.

 

Selanjutnya: Sentimen negatif selimuti pasar obligasi jadi penyebab hasil lelang sukuk turun

 

Editor: Anna Suci Perwitasari
Terbaru