Ini 3 BLT yang Bakal Cair Desember 2022, Anak Yatim Piatu Dapat Rp 200.000

Selasa, 04 Oktober 2022 | 05:05 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Ini 3 BLT yang Bakal Cair Desember 2022, Anak Yatim Piatu Dapat Rp 200.000

ILUSTRASI. Kemensos kembali menyalurkan bantuan langsung tunai alias BLT yang akan cair pada Desember 2022 mendatang. KONTAN/Muradi


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Sosial (Kemensos) kembali menyalurkan bantuan langsung tunai alias BLT yang akan cair pada Desember 2022 mendatang. 

Melansir laman setkab.go.id, Kementerian Keuangan sudah memberikan anggaran tambahan senilai Rp 400 miliar kepada Kemensos untuk penyaluran bansos tersebut. 

Rencananya, bansos tersebut bakal diberikan kepada anak yatim piatu, orang lanju usia (lansia) tunggal, dan penyandang disabilitas. 

Berapa besaran bansos tersebut?

Berikut adalah informasi lengkapnya seperti yang dilansir Kontan dari indonesiabaik.id:

1. BLT Anak Yatim

Kementerian Sosial (Kemensos) sudah mengantongi database 900.000 lebih anak yatim piatu sebagai penerima BLT. 

BLT tersebut mulai diberikan pada Desember dengan jumlah Rp 200.000 per orang. Pemerintah menargetkan ada sekitar 946.863 orang anak yatim piatu yang bakal mendapatkan BLT tersebut.

Baca Juga: Siap-siap, Bansos Kartu Sembako Periode Oktober akan Cair Mulai Senin Pekan Depan

2. BLT Penyandang Disabilitas

Kemudian, penyandang disabilitas yang menerima BLT jumlahnya ada sekitar 98.934 orang. BLT akan diberikan per Desember, kira-kira dalam seharinya mereka akan mendapatkan bantuan setara dengan uang sebesar Rp 21.000.

3. BLT Lansia

Sedangkan BLT lansia diberikan bagi mereka yang berusia di atas 80 tahun dan tidak ada lagi yang merawat. Targetnya ada 334.011 jiwa lansia di atas 80 tahun yang hidup sendirian akan mendapatkan BLT.

Pemberian bantuan dilakukan secara harian, BLT diberikan dalam bentuk makanan sehari-hari. BLT ini akan diberikan secara dititipkan kepada ketua RT/RW di tiap daerah.

Baca Juga: Tiga Bansos Cair Serentak Mulai Awal Pekan Depan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru