kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 10 daftar orang terkaya di dunia dari bisnis energi hijau


Sabtu, 10 Juli 2021 / 10:00 WIB
Ini 10 daftar orang terkaya di dunia dari bisnis energi hijau

Reporter: Ferrika Sari | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perkembangan bisnis hijau menjadi berkah bagi miliader yang mengembangkan produk ramah lingkungan. Setidaknya, kekayaan mereka berasal dari pengembangan teknologi untuk memerangi pemanasan global.

Dilansir dari Bloomberg Jumat (9/7), banyak yang menjadi kaya berkat ledakan permintaan kendaraan listrik, baterai dan tenaga surya dalam beberapa tahun terakhir.

CEO Tesla Elon Musk misalnya, masuk daftar miliader hijau terkaya karena memproduksi mobil listrik Tesla secara massal.

Kendaraan listrik Tesla membuat dunia menjadi tempat yang lebih hijau. Menurut Bloomberg, kendaraan ini telah dikendarai lebih dari 10 miliar mil hingga saat ini, sehingga menghasilkan penghematan gabungan lebih dari 4 juta metrik ton karbon dioksida.

"Elon Musk menjadi orang terkaya di planet pada awal tahun ini berkat lonjakan harga saham perusahaan. Gigafactory 1 miliknya masuk sebagai pabrik baterai dengan volume tertinggi di dunia," tulis Bloomberg.

Baca Juga: Jeff Bezos disarankan bawa Musk dan Zuckerberg ke luar angkasa, tapi dilarang balik

Selain Elon Musk, pengusaha asal China juga banyak yang masuk dalam daftar Miliarder Hijau. China adalah pelopor dalam pengembangan dan penjualan teknologi untuk membangun bisnis energi bersih.

Kekayaan hijau Musk hampir tiga kali lipat kekayaan gabungan dari empat miliarder China yang berada di peringkat kedua. Zeng Yuqun, Huang Shilin, Pei Zhenhua, dan Li Ping memiliki kekayaan bersih sebesar US$60,7 miliar berkat kenaikan saham mereka di Contemporary Amperex Technology Co., (CATL).

CATL merupakan pemasok baterai terbesar di dunia untuk pembuatan mobil listrik. Pelanggan CATL termasuk Tesla, Toyoya, BMW dan Volvo. Baterai lithium-ion phosphate-nya yang mereka produksi cukup murah. Hal ini membuat Tesla memangkas harga mobil model 3 hampir 10% pada tahun lalu.

Sebanyak 80% miliarder dalam peringkat ini berasal dari China yang menandakan peran negara sebagai pusat manufaktur untuk teknologi bersih seperti komponen tenaga surya dan pasar terbesar untuk mobil listrik.



TERBARU

×