kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.405.000   -9.000   -0,64%
  • USD/IDR 15.370
  • IDX 7.722   40,80   0,53%
  • KOMPAS100 1.176   5,28   0,45%
  • LQ45 950   6,41   0,68%
  • ISSI 225   0,01   0,00%
  • IDX30 481   2,75   0,57%
  • IDXHIDIV20 584   2,72   0,47%
  • IDX80 133   0,62   0,47%
  • IDXV30 138   -1,18   -0,84%
  • IDXQ30 161   0,48   0,30%

Ingin Tatanan Global yang Seimbang, BRICS Buka Peluang Ekspansi Anggota


Rabu, 23 Agustus 2023 / 04:55 WIB
Ingin Tatanan Global yang Seimbang, BRICS Buka Peluang Ekspansi Anggota

Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JOHANNESBURG. Para pemimpin negara-negara BRICS yakni Brasil, Rusia, India, Tiongkok, dan Afrika Selatan akan membuka pertemuan puncak di Johannesburg pada Selasa.

BRICS akan mempertimbangkan perluasan keanggotaan seiring dengan upaya beberapa anggota untuk membentuk blok tersebut sebagai penyeimbang terhadap Barat.

Ketegangan global yang meningkat yang dipicu oleh perang di Ukraina dan meningkatnya persaingan antara China dan Amerika Serikat telah menambah urgensi untuk memperkuat blok tersebut. Blok ini terkadang mengalami perpecahan internal dan kurangnya visi yang koheren.

"BRICS yang diperluas akan mewakili beragam kelompok negara dengan sistem politik berbeda yang memiliki keinginan yang sama untuk memiliki tatanan global yang lebih seimbang," kata Presiden Afrika Selatan, Cyril Ramaphosa, dalam pidatonya menjelang pertemuan tersebut.

Baca Juga: BRICS Bakal Tarik Banyak Negara Lain untuk Menjadi Anggota, Ini Tujuannya

Meningkatkan penggunaan mata uang lokal negara-negara anggota juga menjadi agenda. Namun penyelenggara KTT di Afrika Selatan mengatakan tidak akan ada diskusi mengenai mata uang BRICS. Gagasan ini dilontarkan Brasil awal tahun ini sebagai alternatif dari ketergantungan pada dolar AS.

Ramaphosa akan menjamu Presiden China Xi Jinping, Luiz Inacio Lula da Silva dari Brasil, dan Perdana Menteri India Narendra Modi dari 22 hingga 24 Agustus.

Presiden Rusia, Vladimir Putin, yang dicari berdasarkan surat perintah penangkapan internasional atas dugaan kejahatan perang di Ukraina, tidak akan melakukan perjalanan ke Afrika Selatan dan malah akan bergabung secara virtual.

Ekspansi telah lama menjadi tujuan blok kelas berat China, yang berharap bahwa keanggotaan yang lebih luas akan memberi pengaruh pada pengelompokan yang sudah menampung sekitar 40% populasi dunia dan seperempat dari PDB global.

Para pemimpin akan mengadakan retret kecil dan makan malam pada Selasa malam di mana mereka kemungkinan akan membahas kerangka kerja dan kriteria penerimaan negara baru. Namun, ekspansi telah menjadi titik perdebatan.

Baca Juga: Presiden Jokowi Lakukan Kunjungan Kerja ke Afrika

Rusia ingin membawa anggota baru untuk melawan isolasi diplomatiknya atas invasi ke Ukraina. Afrika Selatan juga menyuarakan dukungannya.

India, yang mewaspadai dominasi Tiongkok dan telah memperingatkan agar tidak melakukan ekspansi secara terburu-buru, memiliki "niat positif dan pikiran terbuka," Menteri Luar Negeri Vinay Kwatra mengatakan pada hari Senin. Sementara itu, Brasil khawatir pertumbuhan BRICS akan melemahkan pengaruhnya.

Meskipun potensi perluasan BRICS masih belum jelas, janji blok tersebut untuk menjadi pelopor negara-negara berkembang "Global Selatan" dan menawarkan alternatif terhadap tatanan dunia yang didominasi oleh negara-negara Barat yang kaya telah mendapat tanggapan.

Lebih dari 40 negara telah menyatakan minat untuk bergabung dengan BRICS, kata pejabat Afrika Selatan. Dari mereka, hampir dua lusin telah secara resmi meminta untuk diterima.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Mudah Menagih Hutang Penyusunan Perjanjian & Pengikatan Jaminan Kredit serta Implikasi Positifnya terhadap Penanganan Kredit / Piutang Macet

×