kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,12   2,37   0.26%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

India kekurangan lahan kuburan akibat korban meninggal karena Covid-19 terus melonjak


Kamis, 29 April 2021 / 15:50 WIB
India kekurangan lahan kuburan akibat korban meninggal karena Covid-19 terus melonjak

Sumber: Reuters | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Warga India berjuang untuk mendaftar secara online untuk kampanye vaksinasi massal yang akan dimulai pada akhir pekan ketika jumlah korban di negara itu akibat virus corona melonjak melebihi 200.000 pada hari Rabu. Apalagi diperburuk oleh kurangnya tempat tidur di rumah sakit dan oksigen medis.

Gelombang kedua infeksi telah melihat setidaknya 300.000 orang dites positif setiap hari selama seminggu terakhir, membanjiri fasilitas kesehatan dan krematorium dan mendorong tanggapan yang semakin mendesak dari bantuan peralatan dari luar negeri.

24 jam terakhir terdapat 360.960 kasus baru untuk total satu hari terbesar di dunia, menjadikan penghitungan infeksi India hampir 18 juta. Itu juga hari paling mematikan sejauh ini, dengan 3.293 korban jiwa membawa jumlah korban menjadi 201.187 orang. Para ahli percaya penghitungan resmi jauh meremehkan jumlah korban sebenarnya di negara berpenduduk 1,35 miliar itu.

"Situasinya mengerikan, benar-benar mengerikan ... Semua orang takut, setiap orang. Orang-orang takut jika saya berbicara dengan seseorang, mungkin saya tidak akan bisa berbicara dengan mereka besok atau dalam waktu dekat," Kata warga Delhi, Manoj Garg.

Negara bagian Delhi melaporkan satu kematian akibat COVID-19 setiap empat menit dan ambulans telah membawa jenazah korban COVID-19 ke fasilitas krematorium darurat di taman dan tempat parkir, di mana mayat dibakar di deretan tumpukan kayu pemakaman.

Baca Juga: Awas, tsunami Covid-19 di India bisa terjadi di negara lain

Mohammad Shameem, kepala penggali kuburan di kuburan terbesar di Delhi, berkata: "Sebelumnya kami memiliki cukup ruang di sini tetapi sekarang tidak ada ruang tersisa. Apapun celah kecil yang tersisa, kami mencoba untuk mengisinya sekarang."

Rumah sakit Genesis di pinggiran Delhi, Gurgaon, mengatakan kepada keluarga untuk membawa pasien pergi karena persediaan oksigen menipis dengan cepat, kata satu keluarga.

"Rumah sakit sedang berusaha mendapatkan oksigen tetapi kami diberitahu bahwa kami harus membuat pengaturan alternatif," kata Anjali Cerejo, yang ayahnya telah dirawat tetapi sekarang harus mencoba mencari tempat tidur lain di tempat lain.

Di luar rumah sakit, orang-orang berbaris di troli, dan di dalam mobil dan becak, dengan orang-orang tersayang memegang tabung oksigen untuk mereka saat mereka menunggu tempat tidur di dalam. Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan dalam pembaruan epidemiologi mingguannya bahwa India menyumbang 38% dari 5,7 juta kasus yang dilaporkan di seluruh dunia minggu lalu.

Pemodelan awal menunjukkan bahwa varian B.1.617 dari virus yang terdeteksi di India memiliki tingkat pertumbuhan yang lebih tinggi daripada varian lain di negara itu, menunjukkan peningkatan penularan, katanya.

Selanjutnya: Tambah B.1.617 India, WHO tetapkan 10 varian virus corona berstatus VoC dan VoI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

×