kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.499.000   -40.000   -2,60%
  • USD/IDR 15.935   -60,00   -0,38%
  • IDX 7.246   -68,22   -0,93%
  • KOMPAS100 1.110   -11,46   -1,02%
  • LQ45 880   -11,76   -1,32%
  • ISSI 222   -0,92   -0,41%
  • IDX30 452   -6,77   -1,48%
  • IDXHIDIV20 545   -7,80   -1,41%
  • IDX80 127   -1,32   -1,03%
  • IDXV30 136   -1,06   -0,77%
  • IDXQ30 150   -2,29   -1,50%

Indeks Keinginan Membeli Konsumen pada April 2022 Naik Tipis, Ini Penyebabnya


Senin, 16 Mei 2022 / 12:00 WIB
Indeks Keinginan Membeli Konsumen pada April 2022 Naik Tipis, Ini Penyebabnya

Reporter: Bidara Pink | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Survei Danareksa Research Institute (DRI) menunjukkan, keinginan konsumen untuk berbelanja meningkat pada April 2022.

Kepala ekonom DRI Rima Prama Artha mengatakan, ini terlihat dari indeks keinginan membeli (buying intentions index) yang naik 0,7% mom. Namun, bila dibandingkan dengan April 2021, indeks keinginan berbelanja masyarakat tampak turun 7,4% yoy.

Meski secara bulanan meningkat, Rima mengatakan peningkatannya hanya tipis. “Ini seiring dengan ketidakpastian di progres pemulihan ekonomi, serta masyarakat masih hati-hati dalam membelanjakan uangnya,” tulis Rima dalam laporannya, seperti dikutip Senin (16/5).

Baca Juga: Sejumlah Bank Digital Cetak Pertumbuhan Kredit Signifikan di Kuartal I-2022

Peningkatan keinginan berbelanja meningkat di kelompok berpenghasilan rendah dan berpenghasilan tinggi. Namun, menurun pada kelompok masyarakat berpenghasilan menengah.

Penurunan di kelompok masyarakat berpenghasilan menengah ini mengindikasikan bahwa mereka berada di zona riskan untuk turun menjadi kelompok masyarakat berpenghasilan rendah sehingga mereka sangat menjaga level konsumsinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Kiat Cepat Baca Laporan Keuangan Untuk Penentuan Strategi dan Penetapan Target KPI Banking and Credit Analysis

×