kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45981,95   -5,95   -0.60%
  • EMAS1.164.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Imlek 2575 Kongzili, Ada Sunat Massal Gratis Hari Ini (11/2), Puncak Perayaan Besok


Minggu, 11 Februari 2024 / 06:46 WIB
Imlek 2575 Kongzili, Ada Sunat Massal Gratis Hari Ini (11/2), Puncak Perayaan Besok
ILUSTRASI. Imlek 2575 Kongzili, Ada Sunat Massal Gratis Hari Ini (11/2), Puncak Perayaan Besok

Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Tahun Baru Imlek 2024 - Jakarta. Kementerian Agama (Kemenag) menggelar berbagai acara untuk perayaan tahun baru Imlek 2575 kongzili atau tahun 2024. Hari ini, Minggu 11 Februari 2024 ada sunat masal gratis. Lalu, puncak acara tahun baru Imlek 2575 kongzili akan digelar besok Senin 12 Februari 2024.

Dikutip dari website Kemenag, Pusat Bimbingan dan Pendidikan (Pusbimdik) Khonghucu pada Sekretariat Jenderal (Setjen) Kemenag menggelar sunatan masal hari ini. “Ada sejumlah acara yang kita gelar menyambut Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili. Akhir pekan ini, kita akan menggelar sunatan masal di gedung Kementerian Agama, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat,” terang Kepala Pusbimdik Khonghucu Susari di Jakarta, Sabtu (10/2/2024).

“Sunatan masal diikuti puluhan anak yatim dan kurang mampu, gratis. Kita juga siapkan bingkisan untuk mereka bawa pulang setelah acara,” sambungnya.

Menurut Susari, pihaknya menggandeng Ditjen Bimas Islam untuk merekrut puluhan peserta sunatan masal. Untuk pelaksanaannya, Pusbimdik bekerja sama dengan para dokter dan tenaga kesehatan yang bertugas di Klinik Pratama Kementerian Agama.

“Ini bagian dari kepedulian sosial umat Khonghucu dalam menyambut tahun baru Imlek 2575 Kongzili,” sebut Susari.

Baca Juga: Hati-hati, Inilah 9 Hal Tabu yang Tak Boleh Dilanggar di Hari Pertama Imlek

Selain Sunatan Masal, sejumlah rangkaian acara telah digelar untuk memeriahkan Imlek tahun ini. Rangkaian itu sudah berlangsung sejak 1 Februari 2024, diawali dengan pemasangan reklame tahun baru Imlek di sejumlah lokasi, pusat dan daerah.

“Umat Khonghucu bersama Pusbimdik juga menggelar Bakti Sosial Hari Persaudaraan Manusia pada 3 Februari di Curug Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. Dua hari berikutnya, ada pembagian Kue Keranjang di Kantor Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta,” sebutnya.

Pusbimdik juga mengadakan lomba Karya Jurnalistik Jawa Tengah. Pendaftaran dibuka dari 6 – 10 Februari 2024. Pusbimdik telah menyiapkan hadiah mencapai Rp50 juta untuk dua kategori: media cetak dan online, serta media televisi, radio dan foto.

“Pusbimdik bersama umat Khonghucu juga telah menggelar Sembahyang Syukur Pergantian Tahun Kongzili pada 9 Februari 2024 di Litang MAKIN Segar Cilodong. Hari ini, digelar kemeriahan aambut Imlek di Kelenteng Kong Miao TMII,” papar Susari.

Puncak Perayaan Nasional Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili

Dilansir dari website Kementerian Agama, Kemenag akan menggelar perayaan nasional tahun baru Imlek 2575 Kongzili. Perayaan tahun baru Imlek 2575 Kongzili ini digelar Pusat Bimbingan dan Pendidikan (Pusbimdik) Khonghucu bekerja sama dengan Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN).

"Puncak perayaan nasional tahun baru Imlek 2575 Kongzili akan digelar pada 12 Februari 2024 di Balai Samudera, Jakarta," terang Susari di Semarang, Selasa (6/2/2024).

Dikatakan Susari, perayaan nasional tahun baru Imlek 2024 dijadwalkan akan dihadiri oleh pejabat pemerintah, dan pimpinan nasional. Diundang juga para tokoh agama & masyarakat, rohaniwan, serta tokoh dan umat Khonghucu.

"Kami perkirakan perayaan nasional tahun baru Imlek 2575 Kongzili akan dihadiri sekitar 2.000 peserta," sebutnya.

Menurut Susari, tema perayaan tahun baru Imlek 2575 Kongzili yaitu: “Malu ketika tidak mengenal rasa malu, membuat orang tidak menanggung malu”.

"Tema ini bermaksud mengingatkan kita kembali akan pentingnya memiliki rasa malu. Malu berkata tidak jujur, malu melihat hal yang tidak pantas, malu mendengar hal yang tidak baik, malu mengambil sesuatu yang bukan miliknya dan malu untuk berbuat sesuatu yang tidak benar," ujar Susari.

Kepala Pusbimdik berharap, perayaan tahun baru Imlek 2575 Kongzili dapat meningkatkan kesadaran umat Khonghucu dan semua komponen bangsa Indonesia, bahwa semuanya merupakan bagian integral dari bangsa Indonesia. Mereka wajib turut menjaga persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang Bhinneka Tunggal Ika berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945.

"Dalam perayaan tahun baru Imlek 2575 Kongzili, kami juga mengajak dan mendoakan agar pemilu legislatif dan pemilu presiden dapat berlangsung aman, damai, lancar, langsung, bebas, rahasia, jujur, adil dan bermartabat," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×