Humpuss Intermoda (HITS) Akan Menambah Tiga Kapal Pengangkutan Petrokimia di 2022

Kamis, 23 Desember 2021 | 08:10 WIB   Reporter: Arfyana Citra Rahayu
Humpuss Intermoda (HITS) Akan Menambah Tiga Kapal Pengangkutan Petrokimia di 2022


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk (HITS) akan menambah tiga kapal pengangkutan petrokimia di 2022  untuk menangkap kue bisnis liquid chemical berbasis CPO.

Kemal Imam Santoso, Direktur Utama HITS mengatakan, secara bertahap HITS melakukan transformasi bisnis seiring dengan dinamika  perubahan industri. Salah satu transformasi bisnis yang sudah dilakukan adalah ekspansi ke bisnis ke Floating Storage & Regasification Unit (FSRU). 

"Selain itu, selama beberapa tahun terakhir banyak dibicarakan untuk menggunakan sumber energi alternatif yang lebih bersih seperti halnya LNG, biodiesel, hingga methanol. Melihat ini, lini usaha pengangkutan petrokimia juga harus dikembangkan," jelasnya dalam paparan publik secara virtual, Rabu (22/12). 

Baca Juga: Menjadi Perusahaan Distribusi Energi, HITS Memacu Bisnis FSRU

Kemal menjelaskan, saat ini kebutuhan pasar biodiesel cukup tinggi di Indonesia dan program Pemerintah yang ditetapkan oleh Kementerian ESDM bahwa alokasi FAME untuk seluruh Produsen Biodiesel akan terus meningkat setiap tahunnya. 

Maka dari itu, ada tahun 2022, lanjut Kemal, Humpuss merencanakan untuk membeli 5 buah kapal yang terdiri dari dua Harbour Tug dan tiga kapal methanol, dengan total investasi US$ 11,32 juta. Komisaris Utama Humpuss Intermoda Transportasi, Ar Sofyan mengatakan, saat ini terbuka pasar yang lebar untuk ikut serta dalam kue bisnis liquid chemical berbasis CPO. 

"Pemerintah saat ini sudah konsisten menggunakan B30 di Indonesia, bahkan kami baca di Keputusan Kementerian ESDM bahwa biodiesel yang akan diadakan di tahun 2022 meningkat kurang lebih 10% dari 9 juta menjadi 10 juta dan ini pasar yang lebar," jelasnya. 

Kapal pengangkut petrokimia yang dioperasikan HITS memiliki fleksibilitas untuk mengangkut produk kimia cair. Jadi, selain diperuntukkan untuk mengangkut methanol, kapal petrokimia HITS  juga dapat mengangkut produk berbasis CPO lain seperti biodiesel dan FAME. 

Melihat peluang tersebut, di penghujung tahun ini HITS menambah satu unit chemical tanker dengan kapasitas 9.000 Metrik Ton (MT) perbulan. Dengan penambahan ini, total kapasitas pengangkutan petrokimia HITS sampai dengan tutup tahun 2021 naik menjadi 18.000 MT/bulan. 

"Kemudian sesegera mungkin di Januari 2022 kami akan ada investasi kapal petrokimia baru dengan daya angkut kurang lebih 9.000 MT sampai 10.000 MT per bulan sehingga kapasitas akan naik lagi menjadi 28.000 MT per bulan," ujar Sofyan. 

Kemudian, penambahan kapal petrokimia ini juga akan berlanjut di pertengahan 2022 atau pada bulan Juni tahun depan. 

 

 

Sofyan mengatakan, HITS memiliki kapasitas eksisting mengangkut methanol sebesar 590.000 ton per tahun yang sebelumnya hanya diangkut oleh satu kapal milik sendiri dan selebihnya dengan kapal dari pihak lain. Lewat ekspansi penambahan kapal ini, maka diharapkan 70% kapasitas methanol tersebut bisa diangkut HITS dengan kapal sendiri. 

"Dengan ini, semoga di tahun depan ada jumping revenue dan bottom line untuk membayar rendahnya kinerja di 2021," ujarnya optimistis. 

Di 2022, Humpuss Intermoda Transportasi mengusung tema “Cruising towards a Promosing Horizon” dengan memperkirakan pertumbuhan 20% pada tahun depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru