kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hubungan dengan AS Semakin Panas, Diplomat Top China Berkunjung ke Rusia


Jumat, 17 Februari 2023 / 00:15 WIB
Hubungan dengan AS Semakin Panas, Diplomat Top China Berkunjung ke Rusia

Sumber: CNN | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  HONG KONG. Diplomat Top China akan mengunjungi Rusia bulan Februari ini di tengah meningkatnya ketegangan dengan Amerika Serikat (AS). Ini merupakan kunjungan pertama pejabat top China ke Rusia sejak invasi Moskow ke Ukraina.

Kementerian Luar Negeri China mengatakan, Wang Yi, Penasihat Utama Kebijakan Luar Negeri Presiden China Xi Jinping dijadwalkan mengunjungi Rusia selama melakukan tur internasional delapan hari mulai Selasa (14/2). 

Tur internasional ini mencakup kunjungan ke Prancis, Italia, Hungaria dan memberikan ceramah di Konferensi Keamanan Munich pada akhir pekan mendatang. Konferensi ini kemungkinan juga dihadiri Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken.

Rencana perjalanan ke luar negeri adalah yang pertama dilakukan Wang setelah meninggalkan jabatannya sebagai Menteri Luar Negeri dan mengambil peran barunya.

Baca Juga: China Melaporkan Kehadiran Balon AS di atas Xinjiang dan Tibet

Karena itu, kesempatan ini menjadi ujian bagi kemampuan diplomatnya dalam menyeimbangkan hubungan dekat Beijing dengan Moskow, sementara juga berusaha untuk meningkatkan citra dan hubungan China di Eropa dan dengan ekstensi Amerika Serikat.

Kehadiran Wang di Konferensi Keamanan Munich, yang diperkirakan akan dihadiri Blinken, dapat memberikan kesempatan bagi keduanya untuk bertemu langsung untuk pertama kalinya sejak ketegangan AS-Tiongkok kembali berkobar setelah balon pengintai Tiongkok yang dicurigai memasuki wilayah udara Amerika akhir bulan lalu.

Dampak dari balon itu cepat, dengan Washington menuduh China mengawasi program pengawasan internasional dan Beijing menyangkal klaim tersebut dan pada gilirannya menuduh AS “secara ilegal” menerbangkan balon ketinggian tinggi ke wilayah udaranya lebih dari 10 kali sejak awal tahun lalu. 

China bersikukuh bahwa balon itu adalah pesawat penelitian sipil yang secara tidak sengaja terlempar keluar jalur.

Insiden itu juga dinilai sebagai peluang bagi AS dan China untuk menstabilkan hubungan, karena Blinken menunda kunjungan awal Februari yang diharapkan ke Beijing setelah pejabat AS mengumumkan bahwa mereka melacak perangkat tersebut.

Baca Juga: Blinken Tunda Perjalanan Pasca Balon Mata-Mata China Terbang di Atas Wilayah AS

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price pada hari Senin menolak untuk mengkonfirmasi bahwa Blinken akan menghadiri konferensi Munich dan mengatakan tidak ada pertemuan dengan pejabat China yang dijadwalkan. Dia mencatat, bagaimanapun, bahwa AS “selalu menilai pilihan untuk diplomasi,” termasuk pertemuan di negara ketiga.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin tidak menyebutkan kemungkinan pertemuan dengan Blinken saat mengumumkan rencana perjalanan Wang Yi selama konferensi pers pada hari Senin.



TERBARU

×