kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

HSBC Selamatkan Silicon Valley Bank (SVB) Cabang Inggris


Selasa, 14 Maret 2023 / 05:37 WIB
HSBC Selamatkan Silicon Valley Bank (SVB) Cabang Inggris
ILUSTRASI. HSBC membeli Silicon Valley Bank (SVB) cabang Inggris dengan harga satu poundsterling pada Senin (13/3).

Sumber: Reuters | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - LONDON. BIsnis Silicon Valley Bank (SVB) cabang Inggris terselamatkan. Ini setelah HSBC membeli SVB cabang Inggris dengan harga cuma satu poundsterling pada Senin (13/3).

Pembelian ini untuk menyelamatkan pemberi pinjaman utama start-up teknologi tersebut di Inggris, karena keruntuhan SVB terus mengguncang pasar.

Kesepakatan pembelian salah satu bank terbesar di dunia dengan aset US$ 2,9 triliun tersebut mengakhiri pembicaraan akhir pekan yang panik antara pemerintah, regulator, dan calon pembeli.

Itu terjadi setelah otoritas Amerika Serikat (AS) bergerak pada hari Minggu untuk menopang simpanan dan mencoba membendung penularan yang lebih luas dari keruntuhan tiba-tiba dari SVB.

Tetapi kekalahan global dalam saham berlanjut pada hari Senin, dengan bank-bank Eropa (.SX7P) turun sebanyak 6% pada hari itu. Itu membuat mereka berada di jalur penurunan dua hari terburuk sejak perang Ukraina dimulai pada Februari 2022. Saham HSBC turun 3,8%.

Penyelamatan SVB cabang Inggris disambut baik pemerintah Inggris, regulator dan start-up teknologi, karena nasabah akan dapat melakukan transaksi perbankan seperti biasa.

"HSBC adalah bank terbesar di Eropa, dan nasabah SVB Inggris harus merasa diyakinkan oleh kekuatan, keselamatan dan keamanan yang diberikan kepada mereka," kata Menteri Keuangan Inggris Jeremy Hunt seperti dikutip Reuters.

Baca Juga: OSFI Mengambil Alih Kontrol Cabang Silicon Valley Bank di Kanada

Bank of England telah mengatur penjualan SVB Inggris untuk mendukung kepercayaan pada sistem keuangan dan meminimalkan kejatuhan bagi perusahaan teknologi Inggris.

Dikatakan simpanan di bank aman sebagai hasil penjualan, dan sistem perbankan yang lebih luas aman.

"Tampaknya kesepakatan itu bagus," kata Richard Marwood, manajer dana senior dan investor HSBC di Royal London Asset Management.

"SVB kekurangan likuiditas dan kepercayaan deposan - dan HSBC memiliki keduanya," imbuhnya.

HSBC mengatakan aset dan kewajiban perusahaan induk SVB di AS dikecualikan dari transaksi.

"Akuisisi ini sangat strategis untuk bisnis kami di Inggris," kata CEO HSBC Noel Quinn dalam sebuah pernyataan.

SVB cabang Inggris memiliki pinjaman sekitar 5,5 miliar pound dan simpanan sekitar 6,7 miliar pound. HSBC menyebut, pengambilalihan SVB ini segera selesai.

Baca Juga: Ini Aksi AS dalam Membendung Dampak Bangkrutnya Silicon Valley Bank

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×