Ekonomi

Honda Prospect Motor (HPM) catat tren penjualan positif

Senin, 21 Juni 2021 | 11:10 WIB   Reporter: Amalia Nur Fitri
Honda Prospect Motor (HPM) catat tren penjualan positif

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Honda Prospect Motor (HPM) menyatakan jika penyesuaian harga kendaraan di bawah relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) masih menunggu sampai seluruh instrumen legal sebagai dasar hukum itu resmi dikeluarkan oleh Pemerintah.

Business Inovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy menilai, Pemerintah pasti akan selalu memonitor perkembangan relaksasi PPnBM tahap pertama dan mempertimbangkan banyak aspek guna memberikan langkah yang tepat agar perekonomian nasional cepat pulih melalui industri otomotif.

Ia menjelaskan jika sembari menunggu kepastian kelanjutan insentif PPNBM tersebut, produksi Honda dilakukan dengan kapasitas penuh mengikuti protokol kesehatan yang berlaku serta tentunya mengikuti ketersediaan komponen.

"Dengan perpanjangan PPNBM ini, pemesanan kendaraan akan meningkat kembali. Dan hal tersebut tantangan terbesar kami supaya bisa memproduksi kendaraan semaksimal mungkin agar konsumen dapat menerima secepatnya," ujar Billy saat dihubungi oleh Kontan, Jumat (18/6).

Baca Juga: Tunggu aturan PPnBM diresmikan kembali, Astra Daihatsu (ADM) jalankan skema harga ini

Ia mencatat, insentif PPNBM yang berlaku sejak Maret lalu, ternyata cukup mempengaruhi tingkat penjualan mobil baru di diler. Honda membukukan total penjualan retail sebanyak 8.538 unit per Mei 2021, sementara dibandingkan bulan April tercatat sebanyak 10.189 unit.

"Actual penjualan retail di bulan Mei memang turun 16% dibandingkan April, dikarenakan jumlah hari kerja yang lebih sedikit dibandingkan bulan sebelumnya. Namun masih positif trend untuk pemesanan kendaraannya," jelasnya.

Kontributor penjualan terbesar Honda pada bulan Mei, masih dipegang oleh Honda Brio yang menyumbang sebesar 63% dari total penjualan Honda.

“Honda Brio Satya menjadi yang tertinggi dengan penjualan sebanyak 3.813 unit dan menguasai pangsa pasar segmen LCGC sebesar 27%. Sedangkan, Honda Brio RS terjual sebanyak 1.565 unit dan memimpin pangsa pasar segmen City Car sebesar 63%,” ucap Billy.

Kontribusi penjualan Honda lainnya, juga diraih oleh produk-produk yang juga mendapatkan relaksasi pajak, antara lain Honda City Hatchback yang terjual sebanyak 892 unit, Honda HR-V 1.5L yang terjual sebanyak 815 unit, New Honda CR-V yang terjual sebanyak 680 unit, Honda Mobilio yang terjual sebanyak 335 unit dan Honda BR-V yang terjual sebanyak 264 unit.

Selanjutnya: Sejumlah APM masih menunggu rincian skema perpanjangan PPnBM 100%

 

Editor: Handoyo .
Terbaru