kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.310.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Honda dan Telkom Indonesia (TLKM) Kolaborasi Bangun Platform Metaverse


Sabtu, 11 Februari 2023 / 21:45 WIB
Honda dan Telkom Indonesia (TLKM) Kolaborasi Bangun Platform Metaverse

Reporter: Dimas Andi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Honda Prospect Motor (HPM) dan PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) berkolaborasi untuk mengembangkan Honda MetaWorld, sebuah platform dunia virtual (metaverse) di mana penggunanya dapat saling terhubung dan berinteraksi selayaknya di dunia nyata. Kolaborasi ini merupakan bagian dari platform metaNesia yang dikembangkan oleh Telkom Indonesia sebagai metaverse pertama dan terbesar di Indonesia.

Honda pertama kali hadir di metaNesia pada tahun 2022 yang mana pada saat itu tercatat sebagai Agen Pemegang Merek (APM) pertama di Indonesia yang hadir di metaverse. 

Berbeda dengan konsep showroom mobil yang dihadirkan pada dunia virtual Honda sebelumnya, Honda MetaWorld yang diperkenalkan di tahun 2023 ini menampilkan konsep kota Honda dengan area permainan yang 60 kali lebih besar dibanding versi sebelumnya, fitur yang lebih atraktif, teknologi yang lebih interaktif, dengan lebih banyak hiburan serta aktivitas di dalamnya.

Baca Juga: Tahun Ini Pabrikan Otomotif akan Menggenjot Ekspor Mobil

Honda MetaWorld kini menyediakan lebih banyak area yang bisa dieksplorasi para pengunjungnya termasuk Brio Skate Park, Virtual Stage, Residential Area, Urban Area, dan Test Drive Area di mana pengunjung dapat mengendarai mobil terbaru Honda WR-V secara virtual. 
Avatar yang menjadi representasi virtual para pengunjung di Honda MetaWorld kini dibuat lebih interaktif dengan teknologi Mic and Chat, pilihan gestur dan ekspresi yang lebih bervariasi, serta fitur selfie dimana pengunjung dapat menyimpan foto avatar mereka di berbagai area di Honda MetaWorld.

Untuk semakin meramaikan Honda MetaWorld, Honda juga berencana untuk menggelar berbagai aktivitas dan permainan seperti kumpul komunitas dan talkshow virtual, kompetisi balap dan masih banyak lagi. 

Tentunya para pengunjung juga dapat mengenal lebih dekat mengenai produk-produk Honda melalui berbagai informasi interaktif, melihat eksterior dan interior mobil, dan mengunjungi website serta media sosial Honda melalui link yang terdapat di berbagai area di Honda MetaWorld.

Yulian Karfili, Public Relations & Digital Strategy Senior Manager Honda Prospect Motor mengatakan, Honda MetaWorld hadir sebagai salah satu inovasi Honda untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang dapat mendekatkan diri dengan masyarakat, terutama dari kalangan Gen Z yang merupakan generasi yang lahir di era teknologi digital.

"Kami berharap kolaborasi ini dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk terus mengembangkan kreativitas berbasis digital di Indonesia," ujar dia dalam siaran pers, Jumat (10/2).

Sementara itu, David Cuh Sihotang Product Manager Telkom Indonesia mengatakan, dukungan kolaborasi antara Telkom dan Honda merupakan sebuah komitmen dalam penerapan teknologi baru seperti metaverse untuk mendukung aktivitas ekonomi kreatif di Indonesia. 

"Pembuatan virtual showroom Honda di metaNesia diharapkan bisa meningkatkan minat masyarakat terhadap produk Honda dan juga melakukan adaptasi pada teknologi baru seperti metaverse," tukas dia.

Baca Juga: Pabrikan Otomotif Berupaya Menggenjot Ekspor Mobil pada Tahun Ini

Pengguna platform metaNesia sebagian besar merupakan anak-anak muda yang disebut sebagai Gen-Z. Segmen yang berada di rentang usia antara 9-24 tahun ini juga merupakan salah satu populasi terbesar di Indonesia serta mempunyai karakteristik yang sangat terbuka dan cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital. 

Bagi Honda, segmen ini juga merupakan salah satu bagian terbesar dari segmen pembeli mobil pertama (first time buyers) saat ini dan pada masa depan.

Hal tersebut terlihat dari data penjualan mobil Honda di Indonesia tahun 2021 hingga 2022, di mana Honda Brio terus menjadi model Honda dengan penjualan tertinggi yang mencapai sekitar 50% dari total penjualan Honda. 

Honda Brio sendiri merupakan model yang ditujukan untuk kalangan anak muda dan sebanyak 70% dari total konsumennya merupakan pembeli mobil pertama.

Selain melalui platform metaverse, Honda juga aktif menggunakan platform digital untuk berkomunikasi dengan konsumen di segmen anak-anak muda, antara lain melalui aplikasi game Brio Virtual Drift Challenge, Virtual Modification, Honda Racing Simulator Championship serta berbagai aktivitas di media sosialnya.

Untuk mengakses Honda MetaWorld, pengunjung dapat mengunduh aplikasi metaNesia di website honda-indonesia.com atau melalui aplikasi Google Play.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×