kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hingga Kuartal III, Pembiayaan Berkelanjutan BSI Tembus Rp 51,03 Triliun


Senin, 07 November 2022 / 05:45 WIB
Hingga Kuartal III, Pembiayaan Berkelanjutan BSI Tembus Rp 51,03 Triliun

Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Syariah Indonesia Tbk mengklaim pengembangan bisnis terutama pada aspek penyaluran pembiayaan terus menjaga nilai-nilai syariah. Seiring dengan dukungan  pembiayaan yang sehat dan berkelanjutan sehingga tetap menjaga keberlangsungan kehidupan dan lingkungan. 

Direktur Utama BSI Hery Gunardi menyatakan pembiayaan terkait ESG terus mengalami peningkatan dan ke depannya akan diakselerasi. Tujuannya, agar BSI mampu menghadirkan nilai tambah yang lebih baik kepada para stakeholders

Ia menyatakan pembiayaan keuangan berkelanjutan BSI mencapai naik 14,65% YoY menjadi Rp 51,03 triliun per September 2022. Nilai itu berkontribusi 25,54% dari total pembiayaan perseroan yang mencapai Rp 191,29 triliun hingga kuartal ketiga 2022. 

“Sampai akhir tahun kami targetkan penyaluran pembiayaan ke sektor berkelanjutan ditargetkan bisa mencapai Rp 51,08 triliun. Pembiayaan keuangan berkelanjutan terdiri dari pembiayaan ramah lingkungan dan UKM,” ujarnya. 

Baca Juga: Tumbuh 18,6%, Pembiayaan ESG BCA Tembus Rp 172,7 Triliun per September 2022

Terdapat tiga kategori utama pembiayaan ramah lingkungan BSI yakni pembiayaan pada produk yang bisa mengurangi penggunaan sumber daya dan menghasilkan sedikit polusi. Lalu pengelolaan sumber daya hayati dan sumber daya alam lanjutan. Ketiga, sektor energi terbarukan. 

 Perseroan juga menggencarkan implementasi keuangan berkelanjutan dengan penyaluran dana corporate social responsibility (CSR) yang mengusung konsep 3P (people, planet dan profit).  Dana CSR yang disalurkan BSI ke berbagai sektor socioeconomic jumlahnya telah mencapai Rp 84,1 miliar. Salah satunya pendampingan dan pengembangan 19 Desa Binaan BSI yang tersebar di Aceh, Lampung, Banten, Nusa Tenggara Barat dan Makassar. 

Sementara itu dalam bidang spiritual, BSI membangun masjid-masjid di tempat wisata. Terbaru yakni Masjid BSI Pananjakan di kawasan Bromo Jawa Timur. Adapun terkait aspek people, BSI memberikan lebih dari 400 program beasiswa. Sedangkan dalam hal Charity dan Environment BSI melakukan gerakan penanaman pohon lebih dari 20.000 bibit di daerah – daerah rawan banjir.

“Kami akan terus mendorong pembangunan keuangan berkelanjutan dan mengimplementasikan tanggung jawab sosial dan lingkungan di berbagai daerah, Di antaranya melalui project green campaign dan kepedulian terhadap lingkungan,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

×