kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hingga Kuartal III, BCA Syariah Salurkan Pembiayaan Rp 7,4 Triliun


Selasa, 11 Oktober 2022 / 06:45 WIB
Hingga Kuartal III, BCA Syariah Salurkan Pembiayaan Rp 7,4 Triliun

Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank BCA Syariah berhasil mencatatkan penyaluran pembiayaan sebesar Rp 7,4 triliun hingga September 2022.  Penyaluran pembiayaan yang inklusif menjadi perhatian BCA Syariah di antaranya dengan menyalurkan pembiayaan kepada segmen UMKM yang per September 2022 mencapai 23% dari total portfolio pembiayaan Bank.

BCA Syariah juga turut mendukung pembiayaan berkelanjutan dimana lebih dari Rp 2 triliun pembiayaan telah tersalurkan pada 6 sektor Kegiatan Usaha Berkelanjutan (KUB). 

“Penyaluran pembiayaan pada sektor usaha berkelanjutan mencapai 33% dari total portofolio pembiayaan bank. Ini merupakan dukungan kami terhadap implementasi keuangan berkelanjutan nasional. Ke depan, kami akan terus berupaya untuk meningkatkan komposisi pembiayaan pada kegiatan-kegiatan usaha berkelanjutan yang saat ini belum terjangkau oleh BCA Syariah”, ujar Presiden Direktur BCA Syariah Yuli Melati dalam keterangan tertulis pada Senin (10/10). 

Kualitas pembiayaan terjaga dengan baik dengan rasio pembiayaan bermasalah (Non-Performing Financing/NPF) yang terjaga rendah di 1,44%.

Baca Juga: Pasar Modal Terus Tumbuh, Ini Strategi BNI Sekuritas untuk Menggaet Nasabah Baru

“Di masa pemulihan ekonomi, penyaluran pembiayaan terus dilakukan dengan mengedepankan prinsip kehati-hatian pada sektor strategis dan potensial”, kata Yuli. 

Pelaksanaan fungsi sosial BCA Syariah fokus pada tiga pilar kegiatan yaitu Peduli Sosial, Peduli Prestasi dan Peduli Sejahtera. Dalam kegiatannya, BCA Syariah Peduli Sejahtera fokus pada pemberdayaan pelaku UMKM. Bentuk kegiatan yang dilakukan antara lain, program pemberdayaan ekonomi dalam bentuk pelatihan dan pendampingan usaha untuk perempuan pelaku UMKM melalui program WEpreneur by BCA Syariah.

BCA Syariah juga bersinergi dengan BAZNAS melalui penyaluran zakat nasabah yang diintegrasikan dengan program pelatihan dan pendampingan mustahik pelaku usaha mikro dalam program Bank Zakat Mikro. 

Seiring dengan ini, BCA Syariah meraih penghargaan ISEF Award 2022 untuk kategori Bank Umum Syariah Terkontributif dari Bank Indonesia. Penghargaan diterima oleh Presiden Direktur BCA Syariah Yuli Melati Suryaningrum dalam acara Closing Ceremony 9th Indonesia Syariah Economic Festival (ISEF) 2022 di Jakarta Convention Center Senayan, Jakarta (9/10/22). 

Baca Juga: Optimalkan Sinergi Dengan Induk, BRI Finance Perkuat Branchless Financing

“Kami menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas penghargaan yang diberikan oleh regulator kepada BCA Syariah. BCA Syariah akan berupaya untuk menjalankan peran intermediasi secara maksimal di seluruh segmen pembiayaan baik pada segmen komersial, konsumer, maupun UMKM untuk mendukung pemulihan ekonomi yang lebih cepat dan lebih kuat,” papar Yuli. 

Penghargaan diberikan atas kontribusi BCA Syariah baik dalam program atau kebijakan untuk mendorong pembiayaan syariah selama satu tahun terakhir serta aktivitas serta program atau kebijakan Bank dalam area keuangan sosial syariah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×