Hingga Agustus 2020 transaksi e-commerce produk halal tumbuh 20%

Selasa, 26 Oktober 2021 | 06:45 WIB   Reporter: Bidara Pink
Hingga Agustus 2020 transaksi e-commerce produk halal tumbuh 20%

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Pandemi Covid-19 memang memukul telak sektor kesehatan, sosial, dan bahkan perekonomian masyarakat. Namun, Bank Indonesia (BI) mengingatkan, ada pelajaran penting yang bisa dipetik dari adanya pandemi ini. 

Gubernur BI Perry Warjiyo menekankan, salah satu pembelajaran yang penting adalah soal digitalisasi yang bisa menjadi jalan untuk tetap menjaga roda perekonomian tetap bergerak, termasuk dalam ekonomi dan keuangan syariah. 

Salah satu buktinya, terlihat dari peningkatan nilai transaksi e-commerce. Perry menyebut, ada peningkatan total nilai enjalan e-commerce di industri halal. “Per Agustus 2021, transaksi di e-commerce untuk produk industri halal naik signifikan, lebih dari 20% yoy,” jelas Perry, Senin (25/10) via video conference. 

Baca Juga: Sri Mulyani ungkap pemda endap anggaran belanja hingga Rp 194,12 triliun

Ia menjelaskan, salah satu komoditas yang mendorong peningkatan tinggi penjualan e-commerce produk halal adalah fesyen.

Untuk itu, Perry bertekad untuk meningkatkan akselerasi ekonomi dan keuangan syariah digital, serta menekankan pergerakannya harus end-to-end agar lebih maksimal dalam memberikan dampak positif pada perekonomian domestik. 

“Termasuk juga bawa progres lebih tinggi untuk ekonomi Indonesia. Kita bisa melihat peluang di industri halal, fesyen, dan juga makanan halal,” tandasnya. 

Selanjutnya: Saham-saham ini banyak di tadah asing saat IHSG turun pada awal pekan ini

 

Editor: Noverius Laoli
Terbaru