kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

HET Minyak Goreng Curah Tetap Berlaku Meski Ekspor CPO Dibuka Lagi


Selasa, 24 Mei 2022 / 05:20 WIB
HET Minyak Goreng Curah Tetap Berlaku Meski Ekspor CPO Dibuka Lagi

Reporter: Ratih Waseso | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah membuka lagi ekspor CPO dan minyak goreng. Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Oke Nurwan mengatakan, meski ekspor kembali dibuka namun pemerintah masih menetapkan kebijakan harga eceran tertinggi (HET) untuk minyak goreng curah.

"HET minyak goreng curah tetap Rp14.000 per liter atau Rp 15.500 per kilogram," kata Oke kepada Kontan.co.id, Senin (23/5).

Asal tahu saja, pemerintah membuka kembali keran ekspor CPO dan minyak goreng mulai 23 Mei 2022. Pemerintah membuka ekspor minyak goreng setelah memperhatikan kondisi pasokan dan harga minyak goreng saat ini serta mempertimbangkan para tenaga kerja dan petani di industri sawit.

Baca Juga: Jokowi Optimistis Harga Minyak Goreng Curah Normal Dalam Dua Pekan ke Depan

Sebelumnya, ekspor CPO dan minyak goreng dilarang karena tingginya harga minyak goreng di pasar domestik. Bersamaan itu, pemerintah juga melarang ekspor produk turunan kelapa sawit yang lain.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pembukaan kembali ekspor CPO dan minyak goreng berdasarkan pertimbangan adanya 17 juta orang tenaga kerja di industri sawit. Mulai dari petani pekerja dan juga tenaga pendukung lainnya.

"Maka saya memutuskan bahwa ekspor minyak goreng akan dibuka kembali pada senin 23 Mei 2022," kata Jokowi dalam Kanal YouTube Sekretariat, Kamis (19/5).

Ia menerangkan, sejak kebijakan pelarangan ekspor minyak goreng diterapkan, pemerintah terus memantau dan mendorong berbagai langkah-langkah untuk memastikan ketersediaan minyak goreng dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

Berdasarkan pengecekan langsung Presiden Jokowi di lapangan dan juga laporan yang diterima, pasokan minyak goreng terus bertambah untuk memenuhi kebutuhan nasional.

Baca Juga: Ekspor Minyak Goreng Dibuka Lagi Mulai Hari Ini (23/5), Berapa Harga Minyak Goreng?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×