Hasil Survei: Konsumen Makin Yakin dengan Kondisi Ekonomi Saat Ini

Kamis, 22 September 2022 | 05:15 WIB   Reporter: Bidara Pink
Hasil Survei: Konsumen Makin Yakin dengan Kondisi Ekonomi Saat Ini


KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Survei Danareksa Research Institute (DRI) menunjukkan keyakinan konsumen akan kondisi ekonomi saat ini. Hal itu tercermin dari Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) Saat Ini yang meningkat pada Agustus 2022. 

Kepala Ekonom DRI Rima Prama Artha mengatakan, IKE Saat Ini pada bulan laporan sebesar 56,6, atau meningkat 0,3% dari bulan sebelumnya yang sebesar 56,4. 

"Konsumen lebih positif dengan kondisi ekonomi saat ini dan juga kondisi ketersediaan lapangan pekerjaan," tulis Rima dalam laporan Survei Konsumen DRI, Rabu (21/9). 

Baca Juga: ADB Kerek Proyeksi Pertumbuhan EKonomi Indonesia Tahun 2022 Menjadi 5,4%

Rima memerinci, untuk keyakinan akan kondisi ekonomi saat ini didorong oleh harga pangan yang menurun ada Agustus 2022. Seperti kita ketahui, inflasi pangan bergejolak (volatile food) pada bulan tersebut mencatat deflasi 2,90%. 

Sedangkan keyakinan terkait kondisi ketenagakerjaan berkaitan dengan kondisi industri yang terus bergeliat. Pada Agustus 2022, PMI Manufaktur Indonesia mencapai 51,7 atau meningkat dari bulan sebelumnya dan bahkan tertinggi dalam 4 bulan terakhir. 

"Ekspansi industri ini kemudian mendorong adanya ketersediaan lapangan pekerjaan yang lebih banyak, sehingga mendorong keyakinan masyarakat," tambah Rima. 

Baca Juga: Ekonomi Dunia Resesi, Indonesia Melambat

Lebih lanjut, seiring dengan keyakinan konsumen akan kondisi ekonomi saat ini yang meningkat, keyakinan konsumen secara keseluruhan juga turut meningkat. Ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada bulan laporan yang sebesar 90,3 atau naik 1,3% dari 89,1 pada bulan sebelumnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru