Hasil PCR/antigen tak muncul di PeduliLindungi? Ini solusinya

Rabu, 20 Oktober 2021 | 05:35 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Hasil PCR/antigen tak muncul di PeduliLindungi? Ini solusinya

ILUSTRASI. Salah satu fungsi aplikasi PeduliLindungi yang tidak kalah pentingnya adalah dapat menunjukkan hasil PCR maupun antigen. Tribun Jabar/Gani Kurniawan


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Aplikasi PeduliLindungi yang dikembangkan Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memiliki banyak fungsi. Sebut saja untuk cek sertifikat vaksin, mengetahui perkembangan terbaru peta penyebaran COVID-19 di Indonesa, hingga menggunakan scan QR Code untuk memasuki tempat-tempat umum. 

Salah satu fungsi aplikasi PeduliLindungi yang tidak kalah pentingnya adalah dapat menunjukkan hasil PCR maupun antigen. Tujuan terintegrasinya hasil tersebut di aplikasi PeduliLindungi karena untuk menjamin keaslian dan menghindari pemalsuan surat hasil laboratorium. 

Seperti yang diketahui, beberapa waktu belakangan marak terjadi kasus pemalsuan tes PCR berbentuk kertas. Kondisi inilah yang mendorong pemerintah untuk menerapkan aplikasi PeduliLindungi sebagai bukti hasil tes PCR. 

Untuk mengecek hasil PCR di aplkasi PeduliLindungi cukup mudah. 

Pertama, kamu harus melakukan tes PCR di fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan. 

Kedua, pihak penyelenggara tes PCR akan memasukkan data hasil tes PCR kamu sesuai dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Terkait hal ini, kamu harus memastikan dengan benar data NIK, nama lengkap, dan nomor ponsel.

Baca Juga: Cara daftar vaksin Covid-19 dan cari lokasi untuk masyarakat umum di PeduliLindungi

Ketiga, unduh dan buka aplikasi PeduliLindungi melalui Google Play Store atau App Store. Login dengan menggunakan ponsel yang terdaftar.

Keempat, silakan masuk ke menu utama aplikasi PeduliLindungi dan klik 'Paspor Digital' pada bagian bawah peta. 

Kelima, kamu bisa langsung mengeklik 'Hasil Tes Covid-19' yang terletak pada bagian atas. Data kamu akan langsung muncul jika data tes PCR sudah diinput. 

Kendati demikian, tidak semua tes PCR maupun antigen keluar pada aplikasi PeduliLindungi.

Baca Juga: Supermarket, pasar hingga mal boleh buka 100% di wilayah PPKM Jawa-Bali Level 1

Bagaimana agar hasil tes PCR atau antigen keluar di PeduliLindungi?

Melansir informasi di indonesiabaik.id, hasil swab antigen dan PCR akan muncul di aplikasi PeduliLindungi jika pemeriksaan dilakukan di laboratorium yang sudah mendapatkan izin Dinas Kesehatan (Dinkes) masing-masing wilayah. 
Selain itu, petugas di laboratorium tersebut juga harus menginputkan hasil laboratorium pada aplikasi NAR (New All Record) Kementerian Kesehatan.

Namun, apabila seseorang sudah melakukan cek di laboratorium yang terdaftar tetapi hasil swab antigen maupun PCR-nya belum tertera di PeduliLindungi, cobalah terlebih dahulu melakukan cek di website PeduliLindungi (Pedulindungi.id) dengan cara memasukan nama dan NIK nya.

 

Selanjutnya: Sertifikat vaksin 1 dan 2 tak juga muncul di PeduliLindungi, lakukan langkah ini

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru