kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hasil bisa keluar dalam 20 menit, ini tes antigen cepat mandiri buatan AS


Rabu, 16 Desember 2020 / 23:30 WIB
Hasil bisa keluar dalam 20 menit, ini tes antigen cepat mandiri buatan AS

Sumber: Channel News Asia | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Amerika Serikat (AS) pada Selasa (15/12) memberikan persetujuan penggunaan darurat tes antigen cepat mandiri pertama untuk virus corona baru, yang tersedia tanpa resep dan hasilnya keluar dalam waktu 20 menit.

Jadi, orang bisa melakukan sendiri tes antigen untuk virus corona sendiri di rumah.

Tes yang dibuat oleh Ellume akan dijual dengan harga sekitar US$ 30. Perusahaan yang berbasis di California itu berencana meluncurkan tiga juta unit pada Januari 2021, dan jutaan lainnya di bulan-bulan berikutnya.

Mengutip Channel News Asia, Stephen Hahn, Komisaris Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA), mengatakan, otorisasi penggunaan darurat tes antigen cepat di rumah tersebut mewakili "tonggak besar."

"Kami membantu memperluas akses orang Amerika ke pengujian, mengurangi beban laboratorium dan perlengkapan pengujian, dan memberi orang Amerika lebih banyak pilihan pengujian dari kenyamanan dan keamanan rumah mereka sendiri," katanya.

Baca Juga: Rekor tertinggi mingguan, WHO catat 4,3 juta kasus virus corona sepekan terakhir

Tes Ellume adalah tes "antigen". Artinya, tes ini bekerja dengan mendeteksi molekul permukaan virus corona, tidak seperti tes PCR atau polymerase chain reaction yang mencari materi genetik virus.

Mirip dengan tes kehamilan

Teknologi yang digunakan mirip dengan tes kehamilan di rumah. Tes Ellume menggunakan usap hidung yang tidak sejauh usapan nasofaring. Karena itu, lebih nyaman untuk dilakukan sendiri.

Sampel kemudian dimasukkan ke dalam kartrid sekali pakai. Menurut FDA, tes Ellume dengan akurat mengidentifikasi 96% sampel positif dan 100% sampel negatif pada individu dengan gejala virus corona.

Pada orang tanpa gejala virus corona, tes Ellume dengan tepat mengidentifikasi 91% sampel positif dan 96% sampel negatif.

Baca Juga: VUI-202012/01, varian baru virus corona yang bikin heboh Inggris



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

×