Hari Ini, Otorita IKN-BPN Gelar Konsultasi Publik Rencana Detail Tata Ruang IKN

Selasa, 13 September 2022 | 05:38 WIB   Reporter: Vendy Yhulia Susanto
Hari Ini, Otorita IKN-BPN Gelar Konsultasi Publik Rencana Detail Tata Ruang IKN

ILUSTRASI. BPN bersama Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) akan menggelar konsultasi publik Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) IKN.


KONTAN.CO.ID -   JAKARTA. Serap aspirasi, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) bersama Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) akan menggelar konsultasi publik Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) IKN pada Selasa ini (13/9) di Hotel Platinum Balikpapan, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur.

Koordinator Tim Informasi dan Komunikasi Tim Transisi IKN Sidik Pramono menyampaikan, konsultasi publik tersebut bertujuan untuk menampung aspirasi masyarakat dalam penyempurnaan 4  RDTR IKN. Adapun empat RDTR IKN yang akan dibahas dalam konsultasi publik adalah RDTR WP 4 IKN Timur 1, RDTR WP 5 IKN Timur 2, RDTR WP 1 KIPP, dan RDTR WP 2 IKN Barat.

Keempat wilayah tersebut merupakan kawasan prioritas terdekat pengembangan saat ini. Selain 4 RDTR yang dibahas pada Selasa, masih terdapat 5 RDTR dalam tahap penyusunan, yaitu RDTR WP 3 IKN Selatan, RDTR WP 6 IKN Utara, RDTR WP 7 Simpang Samboja, RDTR WP 8 Kuala Samboja, dan RDTR WP 9 Muara Jawa.

Baca Juga: Kunjungi Austria, Kemenhub dan Bappenas Jajaki Kerja Sama Proyek Kereta Gantung IKN

Sidik mengatakan, konsultasi publik merupakan salah satu langkah penting dalam proses penyusunan RDTR, karena perwakilan pemerintah daerah, masyarakat dan pihak terkait lainnya dapat bersama sama menelaah dan memberikan koreksi akhir terhadap produk RDTR yang telah disusun oleh tim penyusun.

Pembahasan nantinya juga akan menjadi masukan terhadap hal-hal terbaru dari kondisi di lapangan dan memperbaiki kekurangan data dalam proses penyusunan RDTR.

“Nantinya, RDTR IKN ditetapkan dengan Peraturan Kepala Otorita IKN,” kata Sidik dalam keterangan tertulisnya, Senin (12/9).

Baca Juga: Jokowi Minta Proyek IKN Masuk PSN, Ini Kata Menteri PPN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru