Hari Ini, KPK Periksa Surya Darmadi di Kejagung

Jumat, 19 Agustus 2022 | 06:05 WIB Sumber: Kompas.com
Hari Ini, KPK Periksa Surya Darmadi di Kejagung


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Ketut Sumedana mengatakan, tersangka kasus dugaan korupsi penyerobotan lahan seluas 37.095 hektare di Riau, Surya Darmadi akan diperiksa oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Jumat (19/8/2022) di Gedung Bundar Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (JAM-Pidsus) Kejagung, Jakarta.

Adapun KPK menetapkan Surya sebagai tersangka kasus dugaan suap revisi alih fungsi perhutanan Provinsi Riau ke Kementerian Kehutanan pada 2014.

"Jumat 19 Agustus 2022 bertempat di Gedung Bundar JAM-Pidsus, tersangka SD akan dilakukan pemeriksaan oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi," kata Ketut dalam keterangannya, Kamis (18/8/2022).

Ketut mengatakan, pemeriksaan yang dilakukan KPK itu merupakan bentuk sinergitas antar-aparat penegak hukum. Adapun perkara Surya Darmadi yang ditangani KPK, juga menyeret Gubernur Riau saat itu, Annas Maamun ke penjara.

Baca Juga: Usai Diperiksa Kejagung, Bos Duta Palma Surya Darmadi Dilarikan ke Rumah Sakit

Namun, Surya Darmadi lepas dari jerat hukum. KPK kemudian menetapkannya sebagai buron pada 2019. Selain terjerat kasus di KPK, Surya Darmadi terjerat kasus di Kejagung pada awal Agustus.

Kejagung menetapkan Surya Darmadi sebagai tersangka kasus dugaan korupsi penyerobotan lahan seluas 37.095 hektare di Riau.

Selain itu, Kejaksaan Agung menetapkan Surya Darmadi sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU). Dalam kasus penyerobotan lahan di Riau, negara diduga mengalami kerugian perekonomian hingga Rp 78 triliun.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "KPK Akan Periksa Surya Darmadi di Kejagung Besok"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru