kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.164.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hari Ini, KPK Periksa Mantan Pejabat Ditjen Pajak Rafael Alun Trisambodo


Rabu, 01 Maret 2023 / 06:05 WIB
Hari Ini, KPK Periksa Mantan Pejabat Ditjen Pajak Rafael Alun Trisambodo

Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berencana untuk memeriksa mantan pejabat Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Rafael Alun Trisambodo, Rabu (1/3/2023).

Rafael merupakan ayah dari Mario Dandy Satrio (20) yang menjadi tersangka dalam kasus penganiayaan D (17), anak pengurus GP Ansor, di Pesanggrahan, Jakarta Selatan, 20 Februari 2023.

Usai kasus penganiayaan itu viral, aksi pamer harta yang kerap dilakukan Mario pun ikut ramai diperbincangkan. Mario sering memamerkan barang berharga miliknya, seperti sepeda motor Harley Davidson dan Jeep Rubicon yang bernilai fantastis.

Baca Juga: Ini Modus Korupsi Pejabat Pajak yang Diungkapkan KPK

Kabar soal Mario yang merupakan anak pejabat di Kementerian Keuangan pun beredar. Seketika, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengecam aksi kekerasan yang dilakukan dan juga tindakan pamer harta tersebut karena meruntuhkan integritas instansi Kementerian Keuangan.

Banyak pihak kemudian mempertanyakan sumber kekayaan Rafael yang disebut-sebut mencapai Rp 56 miliar.

Plt Juru Bicara Bidang Pencegahan KPK, Ipi Maryati, mengatakan bahwa lembaga antirasuah itu akan mengundang Rafael ke Gedung Merah Putih pada hari Rabu.

Tujuannya adalah untuk mengklarifikasi asal usul harta kekayaan mantan pejabat Ditjen Pajak tersebut, sebagaimana dilansir Warta Kota.

"Kami telah menjadwalkan klarifikasi kepada yang bersangkutan dan kami telah mengirimkan undangan untuk melakukan klarifikasi pada hari Rabu dan akan dilakukan nanti di Gedung Merah Putih KPK," kata Ipi Maryati di kantornya, Senin (27/2/2023).

Sebelumnya, Rafael menyatakan siap buka-bukaan terkait harta kekayaannya. Hal itu diungkapkan Rafael setelah mengajukan pengunduran diri sebagai pejabat Ditjen Pajak.

Baca Juga: Terkait Harta Pejabat Pajak Rafael Alun yang Fantastis, Ini Komentar Sri Mulyani

"Saya akan tetap menjalani proses klarifikasi mengenai Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dan mematuhi proses hukum yang berlaku atas kejadian yang dilakukan anak saya," tulis Rafael dalam surat terbukanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "KPK Akan Panggil Ayah Mario Rabu Besok, Sumber Harta Kekayaannya Dipertanyakan"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×