Hari Ini, Demokrat akan Daftarkan Diri Jadi Calon Peserta Pemilu 2024

Jumat, 05 Agustus 2022 | 07:20 WIB Sumber: Kompas.com
Hari Ini, Demokrat akan Daftarkan Diri Jadi Calon Peserta Pemilu 2024


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Partai Demokrat akan mendaftar sebagai partai politik calon peserta Pemilu 2024 ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Jumat (5/8/2022). Adapun Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan memimpin secara langsung pendaftaran.

"Ketum AHY beserta rombongan berencana bertolak dari Kantor DPP Partai Demokrat setelah Jumatan, tepatnya pukul 13.30 WIB menuju KPU," kata Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra dalam keterangannya, Kamis (4/8/2022).

Herzaky mengatakan, rencananya, AHY akan didampingi oleh Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Teuku Riefky H, Bendahara Umum Renville Antonio. Kemudian, Wakil Sekjen Agust Jovan Latuconsina, Direktur Eksekutif Sigit Raditya, Kepala Satgas Verifikasi Parpol Partai Demokrat yang juga Wasekjen Andi Timo P dan jajaran pengurus lainnya.

Baca Juga: Maju Pilpres 2024, Cak Imin: Pak Jokowi Pasti Mendukung

Menurut Herzaky, kedatangan AHY yang memimpin langsung pendaftaran menunjukkan komitmen kuat dan keseriusan Partai Demokrat dalam mendukung pelaksanaan Pemilu 2024. Demokrat, kata Herzaky, menilai Pemilu merupakan momentum penting dalam perjalanan bangsa.

"Pemilu, sebagaimana yang sering disampaikan Ketum AHY dalam berbagai kesempatan, merupakan salah satu elemen terpenting dalam demokrasi," kata dia.

Di sisi lain, Pemilu dinilai menjadi barometer kedaulatan rakyat guna menentukan masa depan kepemimpinan bangsa. Oleh karena itu, Demokrat berpandangan, Pemilu selalu menghadirkan harapan akan perubahan dan perbaikan dari waktu ke waktu maupun generasi.

Ia juga mengatakan, Partai Demokrat menyambut Pemilu 2024 dengan penuh suka cita dan akan mengawal proses demokrasi tersebut.

"Demokrat berharap kita semua bisa meletakkan Pemilu 2024 dalam konteks membangun peradaban bangsa, dengan pilar demokrasi yang semakin kuat dan dewasa. Bukan malah semakin menurun seperti halnya demokrasi Indonesia dalam beberapa tahun terakhir," ujar Herzaky.

Pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu 2024 dibuka selama 2 pekan hingga 14 Agustus 2022 pukul 23.59 WIB.

Baca Juga: Pilpres 2024, Ini Profil Ganjar Pranowo, Kandidat Capres yang Sering Menjuarai Poling

Pendaftaran dilakukan satu pintu oleh pengurus pusat partai politik di KPU RI. Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menyampaikan bahwa lembaganya telah bersurat dengan partai politik, meminta agar mereka lebih dulu memberi informasi hari dan jam pendaftaran paling lambat H-1 sebelum waktu kehadiran.

"Kalau misalkan mau hadir tanggal 1 (Agustus), maka 1 hari sebelumnya harus mengirim surat. Supaya apa? Penata kelolaan di kantor KPU dan juga layanan KPU kepada partai politik itu dapat dimaksimalkan," kata Hasyim dalam jumpa pers Jumat lalu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dipimpin AHY, Demokrat Akan Daftarkan Diri Jadi Calon Peserta Pemilu 2024 Besok"

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru