kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Tiket Diprediksi Turun di Akhir Tahun


Selasa, 16 Agustus 2022 / 10:35 WIB
Harga Tiket Diprediksi Turun di Akhir Tahun
ILUSTRASI. Diprediksi, harga tiket pesawat bisa berangsur turun pada akhir tahun ketika peak season atau musim liburan. ANTARA FOTO/Fauzan/foc.

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga tiket pesawat  saat ini masih mahal. Namun diprediksi, harga tiket pesawat bisa berangsur turun pada akhir tahun ketika peak season atau musim liburan. 

Hal ini diungkapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menanggapi harga tiket pesawat yang masih tinggi. 
Sandiaga menyebutkan, hal itu dipicu kenaikan arga avtur dan jumlah kursi penerbangan yang masih terbatas. 

"Kami akan pastikan bahwa pariwisata akan pulih di akhir tahun saat peak season," ucap Sandiaga dalam Weekly Press Briefing secara daring, Senin (15/08/2022). 

Sebelumnya, seperti dikutip dari Tribun Bisnis (10/08/2022), mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu menegaskan, pemerintah akan terus membahas insentif dengan pihak maskapai agar frekuensi penerbangan dapat ditambah. 

"Oleh karena itu kami harus bekerja sama dengan maskapai memberikan insentif agar jumlah pesawat ditingkatkan secara signifikan dan juga jumlah ketersediaan kursi terus kami tambahkan," tuturnya seperti dikutip Tribun Bisnis. 

Ia menambahkan, hal itu penting diupayakan agar destinasi-destinasi wisata unggulan dapat terus mendatangkan wisatawan, serta peluang usaha dan lapangan kerja baru terus tercipta usai pandemi Covid-19. 

Apalagi, tambah dia, pemerintah memiliki target 550 juta pergerakan wisatawan dan 1,8 juta kunjungan wisatawan mancanegara. 

"Semoga dapat kita wujudkan bersama dalam rangka menghadapi liburan akhir tahun 2022," tuturnya. 

Imbau lakukan perencanaan wisata 

Seiring dengan harga tiket pesawat yang masih tinggi, Sandiaga juga mengimbau masyarakat agar bisa merecanakan dengan baik perjalanannya. Misalnya, mencari paket-paket pariwisata yang menarik dan tidak membebani kondisi keuangan. 

"Jadi, bagi yang mau healing, mau benerin feeling, juga refreshing, ini kepalanya tidak pusing," ucap Sandiaga. 

Terlepas dari harga tiket pesawat yang tinggi, Sandiaga meyakini wisatawan domestik tetap berlibur namun sebagian menggunakan alternatif moda transportasi lain, misalnya jalur darat yang ia perkirakan angkanya cukup besar. 

"Kurang lebih sekitar 20 persen-30 persen akan menggunakan jalan darat," ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tiket Pesawat Masih Mahal, Sandiaga Prediksi Tarif Turun Akhir Tahun"

Editor : Nabilla Tashandra

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

×