Ekonomi

Harap sabar, pemerintah masih menggodok skema perpanjangan subsidi gaji

Rabu, 21 Juli 2021 | 18:45 WIB   Reporter: Ratih Waseso
Harap sabar, pemerintah masih menggodok skema perpanjangan subsidi gaji

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah berencana memperpanjang Bantuan Subsidi Upah (BSU) alias subsidi gaji pada tahun ini. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Anwar Sanusi mengatakan bahwa terkait skema dan kriteria BSU tersebut kini masih dalam proses pembahasan.

"Kita sedang godok [skema BSU]," kata Anwar saat dihubungi Kontan.co.id, Rabu (21/7).

Tahun lalu target penerima BSU mencapai 12,4 juta pekerja. Adapun tahun ini berapa yang akan dialokasikan untuk BSU masih belum dapat disampaikan pemerintah.

Baca Juga: PPKM darurat diperpanjang, ini catatan dari Aprindo

Sebagai informasi, BSU merupakan bantuan yang diberikan pada pekerja dalam bentuk uang Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan.

Tahun lalu, bantuan ini disalurkan secara bertahap yakni termin I sebesar Rp 1,2 juta pada September-Oktober 2020 dan termin II sebesar Rp 1,2 juta pada November-Desember 2020.

Adapun persyaratan penerima bantuan ini adalah WNI, terdaftar sebagai peserta aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan, pekerja/buruh penerima upah, kepesertaan program jaminan sosial ketenagakerjaan sampai dengan Juni 2020, gaji di bawah Rp 5 juta dan memiliki rekening bank yang aktif.

Selanjutnya: Hippindo: PPKM Darurat menekan bisnis penyewaan pusat perbelanjaan

 

Editor: Tendi Mahadi
Terbaru