Global

Hapus 9 aplikasi ini di HP Android Anda dengan segera, berbahaya!

Sabtu, 13 Maret 2021 | 19:00 WIB   Penulis: Arif Budianto
Hapus 9 aplikasi ini di HP Android Anda dengan segera, berbahaya!

KONTAN.CO.ID - Lagi-lagi ditemukan beberapa aplikasi Android yang disisipi malware. Membahayakan pengguna, segera hapus 9 aplikasi ini di HP Android Anda. Apa saja?

Dewasa ini, smartphone menjadi salah satu barang yang bagi sebagian orang mungkin tidak bisa dilewatkan begitu saja. Tidak hanya untuk berkomunikasi saja, smartphone juga bisa membantu meringankan pekerjaan tertentu dengan bantuan aplikasi.

Bagi pengguna HP Android, Anda bisa menemukan ribuan aplikasi di Play Store. Bukan hanya aplikasi saja, Anda juga bisa menemukan berbagai judul game yang seru.

Berbicara tentang aplikasi, Google telah menetapkan standar khusus untuk aplikasi yang bisa rilis di Play Store. Meskipun demikian, tidak jarang ada beberapa aplikasi yang masuk di Play Store ternyata disisipi malware.

Hal tersebut tentu saja membahayakan pengguna HP Android. Tanpa sepengetahuan mereka, aplikasi yang telah disisipi malware bisa memata-matai hingga mengendalikan HP pengguna dari jauh.

Mengutip dari PhoneArena.com, Check Point Research (CPR) telah menemukan beberapa aplikasi yang disisipi malware. Malware tersebut diketahui masuk dalam keluarga The AlienBot, memiliki kemampuan untuk mengambil alih kendali smartphone yang diserang.

Yang lebih berbahaya lagi, malware tersebut bisa mengakses aplikasi finansial yang terpasang di HP Android pengguna. Dengan demikian, si penyerang bisa mendapatkan akses penuh untuk masuk ke akun aplikasi finansial tersebut.

Berbahaya bukan? 

Awalnya CPR menemukan isu tersebut pada 27 Januari lalu, kemudian didiskusikan dengan Google esok harinya. Setelah itu, pada tanggal 8 Februari lalu, Gogole telah menghapuss aplikasi buatan Clast28 yang diduga bisa menghindari sistem keamanan Play Store.

NULL

Meskipun aplikasi-aplikasi tersebut telah dihapus dari Play Store, tidak menutup kemungkinan ada pengguna yang masih menyimpannya. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui aplikasi-aplikasi berbahaya tersebut di bawah ini:

  1. Cake VPN (com.lazycoder.cakevpns)
  2. Pacific VPN (com.protectvpn.freeapp)
  3. eVPN (com.abcd.evpnfree)
  4. BeatPlayer (com.crrl.beatplayers)
  5. QR/Barcode Scanner MAX (com.bezrukd.qrcodebarcode)
  6. Music Player (com.revosleap.samplemusicplayers)
  7. tooltipnatorlibrary (com.mistergrizzlys.docscanpro)
  8. QRecorder (com.record.callvoicerecorder)
  9. eVPN (com.abcd.evpnfree)

Apabila di HP Anda terdapat salah satu aplikasi di atas, segeralah hapus!

Selanjutnya: Durasi panggilan Google Meet versi gratis dibatasi 1 jam mulai 1 April 2021

 

Editor: Arif Budianto
Terbaru