kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,12   2,37   0.26%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hankook Tire Meningkatkan Penetrasi Penjualan Ban untuk Kendaraan Listrik


Selasa, 06 Juni 2023 / 06:45 WIB
Hankook Tire Meningkatkan Penetrasi Penjualan Ban untuk Kendaraan Listrik

Reporter: Dimas Andi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hankook Tires bertekad memperkuat bisnis ban di pasar global. Salah satu caranya dengan meningkatkan penetrasi penjualan ban untuk kendaraan listrik.

Managing Director PT Hankook Tire Sales Indonesia Yoonsoo Shin mengatakan, Hankook berada pada posisi ke-7 sebagai produsen ban terbesar secara global pada 2022. Posisi Hankook berada di bawah Michelin Group, Bridgestone Corp, Goodyear Tire & Rubber Co, Continental A.G., Sumitomo Rubber Industries Ltd, dan Pirelli.

Penjualan ban Hankook masih didominasi untuk pasar Eropa dengan porsi 38,7% pada tahun lalu. Kemudian diikuti oleh penjualan di pasar Amerika Utara (23,6%), China (18,4%), Korea (11,3%), dan Timur Tengah, Afrika, dan Asia Pasifik (8%).

Yoonsoo Shin menyebut, Hankook menjual ban sebagai original equipment (OE) ke beberapa produsen otomotif premium global, seperti Porsche, Mercedes-Benz, Audi, BMW, Lamborghini, hingga Bentley.

Baca Juga: Hankook Tire Luncurkan Ban Baru yang Dapat Dipakai di Segala Musim

“Kami juga memasok ban untuk merek-merek EV pemimpin pasar seperti Tesla, BYD, Lucid, Rivian, Nio, dan Genesis,” ujar dia ketika ditemui Kontan, Jumat (2/6) lalu.

Pasar kendaraan listrik kini menjadi sasaran bagi Hankook lantaran potensinya yang dianggap menjanjikan pada masa depan. Pada 2022 lalu, porsi penjualan ban untuk kendaraan listrik baru mencapai 10,7% secara global. Namun, diprediksi porsi penjualan ban kendaraan listrik bisa terus tumbuh hingga mencapai 44,5% pada 2030 mendatang.

Hankook sendiri menyediakan sejumlah line-up ban untuk kendaraan listrik, mulai dari iON evo, iON evo AS, iON icept, iON ST AS, dan iON FlexClimate. Ban-ban tersebut ada yang cocok untuk musim-musim tertentu dan ada pula yang cocok untuk segala musim.

Komitmen Hankook di segmen ban kendaraan listrik juga diwujudkan dengan menjadi pemasok resmi ban untuk kompetisi mobil balap listrik Formula E tahun ini.

“Keunggulan ban kendaraan listrik kami adalah mampu mereduksi suara hingga 18% dan ini terbuat dari material yang berkelanjutan,” ungkap Yoonsoo Shin.

Baca Juga: Jadi Pemasok Ban di Formula E, Hankook Tire Siap Perkuat Pasar di Indonesia

National Sales Manager Hankook Sales Indonesia Apriyanto Yuwono bilang, penjualan ban kendaraan listrik di Indonesia sebenarnya sudah mulai tumbuh meski dari sisi kontribusi tentu masih minim bila dibandingkan dengan ban konvensional. Sebagian besar ban kendaraan listrik Hankook terjual di area Jakarta.

Walau demikian, Hankook meyakini pasar ban kendaraan listrik di Indonesia akan terus meningkat. Apalagi, mobil listrik didesain tanpa suara sehingga membutuhkan produk ban yang mampu meminimalisir suara.

“Kami juga terus mengedukasi pelanggan bahwa mobil listrik juga memerlukan ban yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan tersebut,” tandas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

×