Gubernur BI: Tiga hal ini yang akan mendorong pemulihan ekonomi tahun depan

Rabu, 23 Desember 2020 | 06:50 WIB   Reporter: Bidara Pink
Gubernur BI: Tiga hal ini yang akan mendorong pemulihan ekonomi tahun depan


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Indonesia (BI) optimistis pemulihan ekonomi sudah berlangsung saat ini sehingga perekonomian di tahun depan akan semakin baik.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, pemulihan ekonomi sudah akan terlihat di kuartal IV-2020. Di periode ini perekonomian akan tumbuh ke zona positif, setelah dua kuartal berturut-turut tumbuh negatif.

“Pertumbuhan akan mulai positif di kuartal IV-2020 dan akan meningkat di kisaran 4,8% hingga 5,8% di tahun 2021,” ujar Perry, Selasa (22/12) via video conference.

Perry menyebut beberapa faktor yang mendukung optimisme tersebut. Pertama, sumber pertumbuhan di tahun 2021 akan semakin baik terutama dari ekspor.

Baca Juga: Ekonomi mulai pulih, ini cara Menkeu menjaga ekonomi di sisa kuartal IV-2020

Kemudian, sumber pertumbuhan lainnya adalah konsumsi baik swasta maupun pemerintah yang didukung oleh stimulus fiskal yang digulirkan oleh pemerintah.

Sumber pertumbuhan lain juga akan datang dari investasi yang akan semakin moncer akibat implementasi dari Undang-Undang (UU) Cipta Lapangan Kerja.

Kedua, perbaikan perekonomian akan lebih lancar dengan adanya proses vaksinasi. Dengan adanya vaksin, diharapkan mampu mendukung mobilitas manusia dan mendukung geraknya roda perekonomian.

Ketiga, sinergi kebijakan yang dibangun oleh pemerintah, BI, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Lembaga Penjamin Simpanan, perbankan, dan dunia usaha yang mampu memperkokoh optimisme pemulihan ekonomi.

 

Selanjutnya: Sri Mulyani: Ekonomi Indonesia pada tahun 2020 berlangsung dramatis akibat pandemi

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru