Gemar Traktir Teman di McDonald, Inilah Miliarder Terhemat di Dunia

Selasa, 09 Agustus 2022 | 11:20 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Gemar Traktir Teman di McDonald, Inilah Miliarder Terhemat di Dunia

ILUSTRASI. Tidak akan ada yang menyangka bagaimana hematnya Warren Buffett dalam menggunakan uangnya. REUTERS/Scott Morgan


KONTAN.CO.ID - OMAHA. Sudah tidak diragukan lagi posisi Warren Buffett sebagai salah satu miliarder dunia. Akan tetapi, tidak akan ada yang menyangka bagaimana  hematnya Warren Buffett dalam menggunakan uangnya.

Dia masih tinggal di rumah yang dibelinya pada 1950-an dan mengendarai mobil yang sama-sama sederhana. Sepertinya Warren Buffett lebih memilih untuk menyimpan dan menggandakan uangnya daripada membawanya keluar dari bank. Dia jarang mengeluarkan dana banyak, kecuali untuk keperluan filantropi.

Warren Buffett dianggap sebagai salah satu dermawan paling baik hati di dunia. Sejak tahun 2000, dia telah menyumbang lebih dari US$ 46 miliar. Tidak banyak harta kekayaan yang dihabiskan untuk dirinya sendiri.

CEO Berkshire Hathaway mulai membangun kekayaannya dengan berinvestasi di pasar saham sejak usia 11 tahun.

Dia sebelumnya mengatakan kepada CNBC dan Off the Cuff dari Yahoo Finance bahwa dia tidak pernah memiliki keinginan besar untuk memiliki banyak rumah dan segala macam hal serta beberapa mobil.

Warren Buffett tinggal di rumah sederhana di Omaha, Nebraska, yang ia beli seharga US$ 31.500 pada tahun 1958. Disesuaikan dengan inflasi, rumah itu bernilai sekitar US$ 276.700 saat ini.

Baca Juga: Warren Buffett: Bisnis dengan Modal Besar Cenderung Menjadi Bisnis yang Buruk

Pada 2017, nilai rumahnya diperkirakan mencapai US$ 652.619. Ini ia sebut sebagai investasi ketiga terbaik yang pernah dia lakukan.

Salah satu yang juga menandakan Warren Buffett sangat hemat adalah dia makan makanan yang sama setiap pagi untuk sarapan yaitu McDonald. Dia menghabiskan tidak lebih dari US$ 3,17 untuk setiap pesanannya.

Dia juga suka mentraktir temannya Bill Gates untuk makan siang di McDonald's - yang dia bayar dengan kupon di masa lalu.

Definisi kesuksesan Warren Buffett

Melansir CNBC, dalam biografinya tentang Buffett, “The Snowball: Warren Buffett and the Business of Life,” penulis Alice Schroeder menulis saat Warren Buffett memberikan presentasi di The University of Georgia. Para siswa bertanya kepadanya tentang definisi kesuksesan.

"Ketika Anda mendekati akhir hidup Anda, satu-satunya ukuran kesuksesan Anda seharusnya adalah jumlah orang yang ingin Anda cintai, dan benar-benar mencintai Anda," jawabnya.

Dia menambahkan, “Saya mengenal orang-orang yang memiliki banyak uang, dan mereka mendapatkan makan malam testimonial dan mereka mendapatkan sayap rumah sakit yang dinamai menurut nama mereka. Tetapi kenyataannya adalah tidak ada seorang pun di dunia yang mencintai mereka.” 

Baca Juga: Investor Hebat Dilahirkan atau Diciptakan? Ini Jawaban Warren Buffett

"Jika Anda mencapai usia saya dalam hidup dan tidak ada yang berpikir baik tentang Anda, saya tidak peduli seberapa besar rekening bank Anda, hidup Anda adalah bencana," jelasnya.

Cinta adalah salah satu emosi paling kuat yang bisa dirasakan manusia, namun, kita masih hidup dalam masyarakat individualistis.

"Masalah dengan cinta adalah cinta itu tidak untuk dijual," kata Warren Buffett kepada para siswa. “Satu-satunya cara untuk mendapatkan cinta adalah menjadi dicintai. Sangat menjengkelkan jika Anda memiliki banyak uang. Anda ingin berpikir bahwa Anda dapat menulis cek: Saya akan membeli cinta senilai satu juta dolar. Tapi itu tidak bekerja seperti itu. Semakin banyak Anda memberikan cinta, semakin banyak yang Anda dapatkan.”

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru