Ekonomi

Gelar RDG Januari, Bank Indonesia pertahankan suku bunga acuan di level 3,75%

Kamis, 21 Januari 2021 | 22:00 WIB   Reporter: Bidara Pink
Gelar RDG Januari, Bank Indonesia pertahankan suku bunga acuan di level 3,75%

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk menahan suku bunga acuan BI 7 day reverse repo rate di level 3,75% dalam Rapat Dewan Gubernur BI Desember 2021. 

Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan, selain menahan suku bunga acuan, bank sentral juga menahan suku bunga deposit facility di level 3% dan suku bunga lending facility sebesar 4,5%. 

"Ini konsisten dengan perkiraan inflasi yang tetap rendah, stabilitas eksternal yang terjaga, dan dalam rangka upaya bersama untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional," ujar Perry, Kamis (21/1) via video conference. 

Perry juga menambahkan, BI akan terus memperkokoh sinergi kebijakan dengan pemerintah dan otoritas terkait lainnya dan mendukung kebijakan lanjutan untuk membangun optimisme pemulihan ekonomi nasional lewat lima langkah kebijakan. 

Baca Juga: Ini alasan BI bakal pertahankan suku bunga acuan di level 3,75%

Yaitu, pertama, pembukaan sektor-sektor produktif aman baik dalam lingkup nasional maupun di masing-masing daerah. 

Kedua, akselerasi stimulus fiskal oleh pemerintah. Ketiga, penyaluran kredit perbankan dari sisi permintaan maupun penawaran. 

Keempat, BI akan melanjutkan stimulus moneter dan makroprudensial yang telah digulirkan. 

Kelima, mempercat digitalisasi ekonomi dan keuangan, khususnya pengembangan UMKM yang didukung oleh langkah akselerasi digitalisasi sistem pembayaran oleh BI. 

Selanjutnya: Bank Danamon: Ada ruang penurunan suku bunga 25 bps di kuartal I-2021

 

Editor: Herlina Kartika Dewi


Terbaru