kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45917,64   -17,87   -1.91%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gelar parade rayakan hari jadi ke-73, militer Korut pakai baju hazmat


Kamis, 09 September 2021 / 16:48 WIB
Gelar parade rayakan hari jadi ke-73, militer Korut pakai baju hazmat

Sumber: Reuters | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - PYONGYANG. Korea Utara merayakan ulang tahun republiknya yang ke-73 tahun pada hari Rabu (8/9) malam dengan mengadakan parade paramiliter di ibu kota Pyongyang. Dalam parade kali ini, tidak ada satu pun rudal balistik yang diturunkan.

Kantor berita pemerintah KCNA, melaporkan bahwa Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un turut hadir dan menyaksikan parade di alun-alun Kim Il Sung di ibu kota Pyongyang.

Dalam foto-foto yang dirilis surat kabar Rodong Sinmun, yang juga milik pemerintah, terlihat pasukan paramiliter memamerkan baju hazmat atau pakaian anti bahan berbahaya. Parade pasukan dengan baju hazmat ini seolah menunjukkan upaya nyata Korea Utara dalam memerangi virus corona.

"Kelompok pencegahan epidemi darurat dan Kementerian Kesehatan Masyarakat dengan penuh semangat patriotik menampilkan keunggulan sistem sosialis di seluruh dunia, sambil dengan tegas melindungi keamanan negara dan rakyatnya dari pandemi dunia," tulis KCNA.

Baca Juga: Kim Jong Un: Pandemi semakin berbahaya, perketat langkah pencegahan

Sampai saat ini Korea Utara memang belum mengkonfirmasi satu pun kasus Covid-19, tetapi menutup perbatasan dan memberlakukan tindakan pencegahan yang ketat tetap saja membuat negara tersebut dilanda krisis pangan yang cukup parah.

Dalam foto lain, pasukan juga terlihat memegang senapan dan beberapa lainnya datang dengan peluncur roket. Tidak seperti parade militer sebelumnya, kali ini Korea Utara tidak terlihat memamerkan rudal balistik antarbenua (ICBM) yang kerap memicu kehebohan.

Melansir Reuters, Kim tidak menyampaikan pidato apa pun, tidak seperti Oktober lalu ketika Korea Utara juga mengadakan parade militer pada dini hari. Saat itu Korea Utara mengejutkan dunia dengan memamerkan seri ICBM yang sebelumnya tidak pernah terlihat.

Persiapan parade kali ini sempat terekam satelit komersial dan dilaporkan minggu lalu oleh outlet online spesialis NK News dan 38 North, kelompok yang rutin melacak peristiwa di Korea Utara.

Ini adalah parade militer dini hari ketiga setelah bulan Oktober lalu. Sebelumnya, pada bulan Januari Korea Utara juga menggelar parade militer serupa.

Selanjutnya: Korea Utara rombak pejabat di jajaran militer

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×