Ganjar Pranowo dinilai masih dijaga PDIP dari tawaran partai lain

Selasa, 16 November 2021 | 05:50 WIB Sumber: Kompas.com
Ganjar Pranowo dinilai masih dijaga PDIP dari tawaran partai lain


KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago menilai, Sekretaris Jederal PDI-P Hasto Kristiyanto berupaya memagari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dari tawaran partai politik lain. 

Pangi berpandangan, Ganjar masih ada di dalam hati PDI-P, berkaca dari pernyataan Hasto yang menyebut Ganjar tidak tertarik untuk bergabung ke partai lain. 

Salah satu tawaran itu seperti yang disampaikan Wakil Ketua Umum Partai Golkar Nurdin Halid, yang mengatakan bahwa partainya membuka pintu bagi Ganjar. 

"PDI-P tetap di dalam hati tampaknya Ganjar, terlihat statement Sekjen yang tampak memagari Ganjar dari tawaran partai lain yang sudah siap menampung atau membuka lebar lebar Ganjar kalau tidak diusung PDI-P sendiri," kata Pangi saat dihubungi Kompas.com, Senin (15/11/2021). 

Baca Juga: Bila tak dapat tiket dari PDIP, Ganjar Pranowo dilirik Golkar untuk Pilpres 2024

Menurut Pangi, PDI-P tidak mau terburu-buru dalam mendeklarasikan jagoannya pada Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 meski memiliki tiket pencalonan tanpa perlu berkoalisi dengan partai lain. 

Ia berpandangan, Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri sangat berhati-hati dalam memutuskan siapa sosok yang akan mendapatkan tiket dari PDI-P untuk maju sebagai calon presiden. 

Pangi memprediksi, Megawati akan memutuskan calon presiden yang akan diusung pada detik-detik terakhir dengan memperhatikan realitas politik, tren dukungan rakyat, serta magnet elektoral dari seorang tokoh. 

Menurut dia, saat ini PDI-P masih memberi kesempatan bagi semua tokoh PDI-P seperti Ketua DPR Puan Maharani dan Menteri Sosial Tri Rismaharini untuk mendongkrak elektabilitas mereka masing-masing. 

Baca Juga: Survei Litbang Kompas: Elektabilitas Ganjar dan Prabowo bersaing di bursa Capres 2024

Editor: Noverius Laoli

Terbaru